Show simple item record

dc.contributor.authorDani, Tri Rahmat
dc.date.accessioned2025-10-13T01:30:44Z
dc.date.available2025-10-13T01:30:44Z
dc.date.issued2023-04
dc.identifier.issnissn
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5468
dc.description.abstractTri Rahmat Dani, 2023, “Manajemen Peserta Didik Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MI Ash Shobirin Samarinda”. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penulisan skripsi ini dibawah bimbingan Dr. H. Muhammad Kusasi, M.Pd selaku Pembimbing I, dan Dr. Akhmad Muadin, M.Pd selaku Pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah kegiatan manajemen peserta didik merupakan bagian penting yang harus diperhatikan dalam penyelenggaraan kegiatan pendidikan dan memiliki peran utama dalam menentukan keberhasilan suatu pendidikan. Sehingga apabila manajemen peserta didik berjalan dengan baik, maka secara otomatis juga akan menghasilkan mutu pendidikan yang lebih baik. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan siswa berprestasi di MI Ash Shobirin Samarinda dan untuk mengetahui implementasi manajemen peserta didik dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MI Ash Shobirin Samarinda. Penelitian ini dilakukan di MI Ash Shobirin Samarinda. Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yaitu mendeskripsikan hasil penelitian dalam bentuk narasi atau kata-kata. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Field Research (penelitian lapangan). Sumber data dalam penelitian ini adalah dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1.Pengelolaan siswa berprestasi di MI Ash Shobirin Samarinda dapat dilihat dari pembinaan belajar siswa antara lain yaitu pembinaan disiplin peserta didik sesuai tata tertib madrasah, bimbingan konseling untuk memberikan pemahaman misal ketika belajar tidak boleh berbicara sendiri, dan pemberian program khusus berupa les privat dan bimbel (bimbingan belajar) untuk menunjang prestasi peserta didik terutama di bidang akademiknya. 2. Implementasi manajemen peserta didik dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MI Ash Shobirin Samarinda dapat dilihat dari indikator yang ada mengenai manajemen peserta didik yaitu: a) Analisis kebutuhan peserta didik dilakukan dengan melakukan rapat bersama untuk menentukan jumlah peserta didik yang akan diterima, dan menentukan kuota siswa agar proses pembelajaran lebih efektif dan efisien. b) Seleksi peserta didik yang dilaksanakan berupa penyaringan peserta didik untuk mengidentifikasi siswa sehingga lebih mudah dalam proses belajar. c) Orientasi yang dilakukan di MI Ash Shobirin Samarinda dinamakan sebagai kegiatan Matsama (Masa Ta'aruf Siswa Madrasah) untuk memperkenalkan lingkungan sekolah. d) Pembinaan dan pengembangan peserta didik meliputi pembinaan disiplin peserta didik, kegiatan ekstrakurikuler, bimbingan dan konseling, serta layanan khusus untuk pengembangan potensi siswa.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectManajemen Peserta Didik, Prestasi Belajar, MI Ash Shobirin Samarinda.en_US
dc.titleMANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI ASH SHOBIRIN SAMARINDAen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record