dc.description.abstract | ABSTRAK
Nur Nahariah S, 2017. Manajemen Kelas Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTs Labbaika Samarinda. Penelitian ini dilakukan dibawah bimbingan bapak Dr. Muhammad Nasir, M.Ag selaku pembimbing I dan bapak Dr. Puryadi, M.SI selaku pembimbing II.
Manajemen sangat penting untuk diimplementasikan di dalam kelas. Kebutuhan didalam kelas bukan hanya karena kebutuhan akan efektivitas pembelajaran melalui pengoptimalan fungsi kelas, namun lebih dari itu, manajemen di dalam kelas merupakan respon terhadap semakin meningkatnya tuntutan peningkatan kualitas pendidikan yang dimulai dari ruang kelas. Namun rendahnya antusias peserta didik dalam mengikuti mata pelajaran PAI karena metode pembelajaran yang kurang tepat sehingga manajemen kelas guru tidak maksimal. Dari masalah tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Manajemen Kelas Guru Mata Pelajaran Rumpun Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTs Labbaika Samarinda”. Fokus penelitian ini ditekankan pada metode pembelajaran yang digunakan guru dalam manajemen pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian yang dapat diungkap dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui manajemen kelas guru mata pelajaran rumpun pendidikan agama islam (PAI) di MTs Labbaika Samarinda.
Penelitian ini dilakukan di MTs Labbaika dengan menggunakan metode kualitatif diskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, adapun wawancara yang digunakan adalah wawancara terbuka dan bebas terpimpin, angket dan teknik dokumentasi, kemudian yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah, waka kurikulum, guru dan peserta, teknik analisis data yang dilakukan menggunakan teknik analisis data yang dikemukakan oleh Milles dan Hubberman dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa Setelah melakukan penelitian, pembahasan serta pemahaman terhadap manajemen kelas guru mata pelajaran rumpun Pendidikan Agama Islam di MTs Labbaika. Menerapkan empat fungsi manajemen kelas yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarhan, dan pengendalian sangat diperlukan agar kelas berjalan secara kondusif. Perencanaan dilakukan dengan membuat RPP sebelum pembelajaran dikelas dimulai, merencanakan pembelajaran dengan peserta didik sebelum kelas dimulai sehingga proses pembelajaran berlangsung efektif, perencanaan dapat berubah jika terdapat hal yang mengharuskannya, guru memiliki alternatif rencana lain saat terjadi hal yang tak terduga terjadi. Melaksanakan pengorganisasian dengan membuat struktur organisasi yang jelas didalam kelas membuat waktu yang digunakan menjadi efeisien. Kepemimpinan dilakukan dengan guru mengarahkan peserta didik agar mengikuti pembelajaran dengan baik, guru memimpin kelas secara dominan namun tidak bersikap otoriter. Untuk pengawasan berarti guru memantau hasil yang dicapai dalam proses hasil belajar. Dan memantau penyimpangan yang terjadi. | en_US |