Pengaruh Sistem Zonasi Terhadap Manajemen Pemasaran Pendidikan di SMP Negeri 14 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Lailatul Mukarromah, 2020. “Pengaruh Sistem Zonasi Terhadap Manajemen Pemasaran Pendidikan di SMP Negeri 14 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. Khairul Saleh, M.Ag dan Sunanik, M.Pd.
Latar belakang dari penelitian ini yaitu sistem zonasi menjadi syarat utama dalam persyaratan penerimaan peserta didik baru, denga kata lain sistem zonasi memegang peran utama dalam pelaksanaan pemasaran pendidikan (sosialisasi). Namun dalam pelaksanaannya terdapat kendala dimana masih ada masyarakat atau orang tua yang kurang memahami PPDB melalui jalur zonasi dan tidak bisa melampirkan kartu keluarga yang terbit minimal 1 tahun, sesuai dengan persyaratan PPDB ketika sosialisasi dilakukan, yang kemudian mengakibatkan pihak sekolah terkadang tidak mengukur jarak rumah calon peserta didik ke sekolah. Oleh karena itu, tujuannya untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh sistem zonasi terhadap manajemen pemasaran pendidikan di SMP Negeri 14 Samarinda.
Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan jenis penelitian kuantitatif, yang dilakukan di SMP Negeri 14 Samarinda dengan sampel sebanyak 38 responden yang merupakan peserta didik kelas VII. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Analisis instrument meliputi analisis validitas dan analisis reliabilitas dengan rumus teknik belah dua (Spearman Brown). Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi product moment.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah nilai r sebesar 0,49 yang berada pada skala interpretasi 0,40 sampai dengan 0,599 dengan taraf cukup. Selanjutnya diperoleh nilai t_hitung>t_tabel(16,588 > 2,028). Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak, Ha diterima yang menunjukkan bahwa sistem zonasi berpengaruh terhadap manajemen pemasaran pendidikan.