dc.description.abstract | ABSTRAK
Kemala Indriani, 2020. “Implementasi Perencanaan Tenaga Pendidik di Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Teknik Industri (SMKS TI) Labbaika Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Fathul Jannah, M.SI selaku pembimbing I dan Gianto, S.Pd, S.IPI, M.Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah peneliti memiliki rasa ingin tahu mengapa Sekolah Menengah Kejuruan Teknik Industri (SMK TI) Labbaika memiliki Perencanaan Tenaga Pendidik yang sudah sangat baik. Implementasi Perencanaan Tenaga Pendidik merupakan kegiatan awal untuk menentukan perencanaan kebutuhan tenaga pendidik di masa sekarang dan masa depan dan apa saja yang harus dibutuhkan dalam perencanaan tenaga pendidik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi perencanaan tenaga pendidik.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, penelitian kualitatif ini merupakan laporan yang berbentuk narasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah dan Ketua jurusan Teknik Komputer Jaringan. Data primer ialah data pokok yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan diperoleh dengan cara melakukan pengamatan dan wawancara secara langsung. Data sekunder diperoleh atau dikumpulkan oleh orang lain atau lembaga tertentu. Sumber tersebut didapat dari bahan buku-buku, jurnal-jurnal atau literature serta berbagai sumber-sumber tertulis lainnya yang berkaitan dengan pembahasan skripsi ini. Dengan menggunakan Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah redukasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil yang dapat diperoleh oleh penelitian ini adalah implementasi perencanaan tenaga pendidik di SMK TI Labbaika Samarinda secara keseluruhan terdiri dari beberapa pelaksanaan yaitu : a) Pelaksanaan Kinerja Manajerial untuk menentukan pembentukan tim panitia dalam seleksi. b) Pelaksanaan Analisis Rasio untuk menentukan jumlah tenaga yang dibutuhkan dan jumlah keseluruhan peserta didik. c) Pelaksanaan Work Study untuk promosi, penetapan persyartan dan penetapan prosedur pendaftaran. d) Pelaksanaan Analisis Keahlian yang meliputi tes administrasi berkas, tes keahlian khusus dalam menguasai bidang Komputer Jaringan dan Desain Grafis dalam Jaringan dan tes wawancara secara pribadi tentang pengalaman bekerja dan bakat yang dimiliki | en_US |