Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XII Perawatan Sosial (PS) Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMK) 5 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Achmad Fauzi, 2017. “Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XII Perawatan Sosial (PS) Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMK) 5 Samarinda. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam (PI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Fathul Jannah, M.SI dan Siti Julaiha, S.Ag, M.Pd.
Latar belakang penelitian ini adalah manajemen kelas merupakan salah satu unsur penting di dalam proses pembelajaran di kelas, dengan indikator hangat dan antusias, tantangan, bervariasi, keluwesan, penekanan pada hal-hal yang positif, dan penanaman disiplin diri, serta hasil belajar siswa dilihat dari hasil nilai akhir (raport) siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya dan besarnya Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XII Perawatan Sosial (PS) di sekolah.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan populasi 388 siswa-siswi sekolah dengan mengambil sampel siswa kelas XII Perawatan Sosial (PS) yang berjumlah 60 siswa. Jenis penelitian ini yaitu berupa penelitian deskriptif kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi, Angket, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus statistik product moment.
Berdasarkan hasil penelitian mengenai manajemen kelas di sekolah diketahui bahwa manajemen kelas XII Perawataan Sosial (PS) telah melaksanakan prinsipprinsip manajemen kelas seperti menjaga kebersihan lingkungan, pengaturan tempat duduk, disiplin waktu dan pakain. Serta hasil belajar raport siswa mendapatkan hasil yang baik dengan nilai 75 - 95. Selanjutnya berdasarkan perhitungan korelasi produk moment diperoleh hasil r = 0,583. Kemudian jika dilihat dari tabel interpretasi r maka nilai ini berada pada 0,40 – 0,70 yang berarti sedang atau cukup berpengaruh. Selanjutnya, analisis data menggunakan uji t menunjukkan bahwa = 5,46 dan = 1,67, artinya lebih besar dari (5,46 > 1,67). Hal tersebut membuktikan hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, terdapat hubungan manajemen kelas terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XII Perawatan Sosial (PS) di sekolah.