Manajemen Peningkatan Mutu Sumber Daya Manusia di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mujahidin Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Fery Ependy, Manajemen Peningkatan Mutu Sumber Daya Manusia di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mujahidin Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh bapak Dr. Zurqoni, M.Ag selaku pembimbing I dan bapak Drs. Khairul Saleh, M.Ag selaku pembimbing II.
Pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Salah satu usaha untuk meningkatkan ialah melalui proses pembelajaran di sekolah. Dalam usaha meningkatkan kualitas sumber daya pendidikan, guru merupakan komponen sumber daya manusia yang harus dibina dan dikembangkan secara terus menerus. Dalam rangka mengelola lembaga pendidikan islam tersebut, perhatian terhadap sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan memerlukan perhatian serius karena berkaitan erat dengan proses dan isi pelaksanaan kegiatan pembelajaran disekolah. Diantara sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan tersebut yang paling berhubungan langsung dengan kegiatan pendidikan adalah guru.
Manajemen sumber daya manusia merupakan suatu perencanaan, pengorganisasian, pergerakkan, dan pengawasan terhadap pengadaan, pengembangan, pemberian balas jasa, pengintegrasian, pemeliharaan, dan pemisahan tenaga kerja dalam rangka mencapai tujuan pendidikan. Sumber daya manusia yang bermutu adalah kerja yang dikerjakannya akan menghasilkan sesuatu yang memang dikehendaki dari pekerja tersebut.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan interview, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan kredibilitas, depentabilitas dan konfirmabilitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, display/penyajian data dan mengambil kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini adalah Madrasah Ibtidaiyah Al-Mujahidin Samarinda berusaha dengan sebaik-baiknya mengelola melalui manajemen yang tepat. Manajemen peningkatan mutu sumber daya manusia dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pergerakkan dan pengawasan. Pelaksanaan manajemem peningkatan mutu sumber daya manusia dilakukan oleh madrasah melalui perekrutan pendidik dan tenaga kependidika, perencanaan pembelajaran, penempatan, pengadaan pelatihan,dan penilaian kinerja guru.