dc.description.abstract | ABSTRAK
Fauziah Rahmadani, 2017.“Peran Kepala Madrasah dalam Pembinaan Tenaga Administrasi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda”. Skripsi Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini di bimbing oleh Bapak Dr. H. Akh. Bukhari, M.Ag dan Ibu Siti Julaiha S.Ag., M.Pd.
Latar belakang penelitian ini adalah mengingat betapa penting peranan kepala madrasah dalam suatu pendidikan khususnya di dalam administrasi pendidikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah apa saja peran kepala madrasah dalam pembinaan tenaga administrasi. Dalam hal ini, peran kepala madrasah sangat menentukan, sekolah itu dapat dikatakan berkualitas jika sekolah itu memiliki tenaga administrasi yang berkualitas pula. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepala madrasah dalam pembinaan tenaga administrasi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena-fenomena tentang apa yang terjadi di sekolah, sedangkan penelitian ini bersifat deskriptif karena dengan mengumpulkan informasi mengenai status gejala yang ada, dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai pengumpulan data. Sedanglan tujuan penelitian deskriptif adalah untuk menjadikan penulisan secara sistematis, factual, dan akurat mengenai fakta-fakta yang ada.
Adapun hasil penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda. Peran Kepala Madrasah dalam Pembinaan Tenaga Administrasi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda yaitu kepala madrasah memotivasi kepada tenaga administrasi, mengikutsertakan tenaga administrasi dalam penataran-penataran/pelatihan-pelatihan atau pembinaan, melaksanakan kegiatan pemeliharaan dan pengembangan tenaga administrasi, sebagai pengawas yang bertujuan untuk melihat kinerja pegawai tenaga administrasi yang dilaksanakan dalam sebulan sekali atau per enam bulan sekali, melakukan komunikasi persuasive, dan menerima saran serta menciptakan suasana disiplin kelompok. | en_US |