Show simple item record

dc.contributor.authorRudiyansah, Muhammad
dc.date.accessioned2020-06-22T06:20:09Z
dc.date.available2020-06-22T06:20:09Z
dc.date.issued2017-09-20
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/609
dc.description.abstractABSTRAK Muhammad Rudiyansah, 2017. Pengaruh Manajerial Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Samarinda. Jurusan Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh dosen pembimbing I bapak Dr. Zamroni, M.Pd dan dibimbing oleh dosen pembimbing II oleh ibu sunanik, M.Pd Penelitian ini dilatar belakangi atas dasar kepala madrasah berperan dan bertanggung jawab memimpin, mengorganisir, memantau, membina juga memperbaiki proses belajar mengajar di kelas. Dari konsep manajerial sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan, maka kepala madrasah dengan tanggung jawab yang diembannya diharapkan mampu melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik. Selain kepala madrasah, tenaga pendidik sebagai komponen utama dan pemegang tampuk pendidikan memainkan peranan yang sangat signifikan terhadap keberhasilan pendidikan yang dapat dilihat dari kinerja seorang guru sebagai pengajar profesional. Kinerja guru di MTs Darussalam dengan harapan siswa masih rendah, hal ini terjadi karena kepemimpinan madrasah yang baru di Madrasah tersebut. Penelitian ini berfokus pada variabel manajerial (X) Kepala Madrasah dan variabel (Y) Kinerja Guru di MTs Darussalam Samarinda Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Manajerial Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Samarinda. Lokasi penelitian tentang pengaruh manajerial kepala sekolah dan kinerja guru bertempat di MTs Darussalam Samarinda Jalan KH. M. Wahid Hasyim II RT 07/09 Sempaja Timur. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang terdiri dari variabel manajerial kepala sekolah, dan kinerja guru. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 20 orang. Sementara untuk teknik analisis dengan menggunakan tekhnik analisis regresi linier sederhana (simple linear regression). Kesimpulan pada Penelitian ini, menghasilkan data bahwa nilai thitung ttabel (5,139 ) pada taraf 5% yang berarti bahwa H0 ditolak Ha diterima, dimana variabel manajerial kepala Madrasah (X) dengan variabel kinerja guru (Y) memiliki pengaruh secara signifikan. Nilai konsisten kinerja guru adalah sebesar 73,740. Koefisien regresi X sebasar 0,601 menyatakan bahwa setiap penembahan 1% nilai manajerial Kepala Madrasah maka nilai kinerja guru bertambah sebesar 0,601. Koefisien regresi tersebut bernilai positif, sehingga dapat disimpulkan bahwa arah pengaruh variabel manajerial kepala madrasah (X) terhadap kinerja guru (Y) adalah positif, yang berarti semakin tinggi x manajerial kepala Madrasah maka semakin tinggi kinerja guru di MTs Darussalam Samarinda.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectManajerial, Kinerjaen_US
dc.titlePengaruh Manajerial Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record