Tingkat Kesiapan Implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Negri 1 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Muhammad Amin, 2017. “Tingkat Kesiapan Implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Negri 1 Samarinda, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Jurusan Pendidikan Islam (PI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibawah bimbingan Ibu Dra. Etty Nurbayani, M. Pd sebagai pembimbing I dan Ibu Siti Julaiha, S.Ag, M.Pd sebagai pembimbing II.
Latar belakang serta tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesiapan implementasi kurikulum 2013 karena perubahan kurikulum KTSP menjadi kurikulum 2013 membutuhkan persiapan dan proses yang panjang. Peneliti memilih Madrasah tersebut karena merupakan salah satu madrasah yang ditunjuk sebagai pelaksana kurikulum 2013 di daerah Samarinda sejak tahun 2013/2014. Penunjukkan tersebut dibuktikan dengan adanya Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam nomor 481 tentang penetapan madrasah pendampingan implementasi kurikulum 2013.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field work research). Populasi dalam penelitian ini adalah 48 responden, yaitu seluruh guru madrasah. Untuk memperoleh data menggunakan teknik angket dan wawancara. Selanjutnya, untuk menjawab rumusan masalah penelitian, peneliti menganalisis dengan menggunakan rumus persentase, yaitu: BL1=𝐹 𝑇𝐹𝑥100% ⁄ kemudian, untuk mengkomulatifkan semua hasil persentase tersebut digunakan rumus mean, yaitu X=∑𝑥/𝑁
Analisis data yang dilakukan oleh peneliti, tentang tingkat kesiapan implementasi kurikulum 2013 diperoleh nilai mean (rata-rata) sebesar 4,11 untuk sumber daya manusia (SDM) yang termasuk dalam skala interpretasi 3,41-4,20 kategori siap, dan 3,90 untuk sarana prasarana dengan skala interpretasi 3,41-4,20 kategori siap. Berdasarkan jawaban responden dari hasil 32 pertanyaan yang diperoleh dari 48 responden, data menunjukkan bahwa nilai mean adalah 4,04. Berdasarkan skala interpretasi, nilai mean 4,04 termasuk dalam kategori siap dengan nilai 3,41 – 4,20. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tingkat kesiapan implementasi kurikulum 2013 di madrasah dikategorikan siap.