dc.description.abstract | ABSTRAK
Norman Mulyadi, "Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Motivasi Belajar Al-Qur'an Hadis Pada Siswa Madrosah Tsanawiyah (MTs) Al-Mujahidin 2 Samarinda". Skripsi ini dibimbing oleh ibu Dra. Hj. Ananiah M, M.Pd selaku dosen pembimbing I dan ibu Mamiati Kadir, S.Pd, M.Pd selaku dosen pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah Adanya manajemen kelas yang baik yang dilakukan oleh guru akan meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam pencapaian tujuan pembelajaran sehingga para siswa dapat termotivasi untuk mengikuti pelajaran tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh manajemen kelas terhadap motivasi belajar al-Qur'an Hadis pada siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Mujahidin 2 samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantiatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian populsi dengan subjek penelitian adalah siswa MTs Al-Mujahidin 2 Samarindah sebanyak 68 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisi data menggunakan rumus Product Moment.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara manajemen kelas terhadap motivasi belajar al-Quran Hadis, dengan perolehan nilai koefisien sebesar A.5625, dari perolehan nilai tersebut, pengaruh kedua variabel dikategorikan sebagai pengaruh yang signifikan dengan kategori sedang. Pengaruh tersebut dinyatakan dengan adanya kontribusi manajemen kelas terhadap motivasi belajar melalui koefiien determinasi. Berdsarkan perhitungan koefisien tersebut, dapat diketaui determinasinya adalah 31.640/o dan sisanya 68.35% ditentukan oleh faktor lain. | en_US |