dc.description.abstract | ABSTRAK
Fathurrahman. 2017. Penerapan Strategi Everyone is a Teacher Here Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Darul Ihsan Samarinda. Dr. Zurqoni, M,Ag sebagai Pembimbing I dan Amalia Nur Aini, M.Pd sebagai Pembimbing II.
Strategi pembelajaran adalah salah satu faktor yang menentukan terhadap keberhasilan kegiatan pembelajaran. Dengan strategi inilah guru dapat menyampaikan materi pelajaran sehingga mudah dipahami dan dapat dimengerti oleh siswa. Seorang guru, terutama guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam perlu mengetahui dan mampu menggunakan strategi yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi everyone is a teacher here pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Darul Ihsan Samarinda. Serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini adalah penelitian lapangan melalui pendekatan deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumenter, teknik analisisi data yang digunakan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan strategi everyone is a teacher here pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Darul Ihsan Samarinda sudah terlaksana dengan baik. Penerapan strategi everyone is a teacher here tersebut lebih cenderung dilaksanakan dalam bentuk praktek dengan tidak mengabaikan teori yang telah diberikan kepada pesertadidik. Sehingga dengan diterapkannya strategi ini, pesertadidik lebih mudah untuk mengerti dan memahami pembelajaran yang telah diberikan, walaupun dengan waktu yang telah menjadi ketentuan dalam kurikulum. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah faktor guru, yang menyangkut latar belakang pendidikan, pengalaman mengajar, dan pengetahuan guru terhadap strategi everyone is a teacher here, faktor pesertadidik, menyangkut kemampuan, minat, dan motivasi, faktor tujuan, faktor materi, faktor fasilitas, dan faktor alokasi waktu. | en_US |