View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Dalam Peningkatan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV MI Ma’arif NU 01 Samarinda Tahun Pembelajaran 2016/2017

Thumbnail
View/Open
2017 PGMI_Evi Lutviani.docx (15.51Kb)
Date
2017-06-16
Author
Lutviani, Evi
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Evi Lutviani, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Dalam Peningkatan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV MI Ma’arif NU 01 Samarinda Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. H. Yahya, M.Pd dan Drs. Khairul Saleh, M. Ag. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas IV MI Ma’arif NU 01 Samarinda tahun pembelajaran 2016/2017 pada materi sumber daya alam yang hanya mencapai 62,86% dari 35 siswa yang hasil belajarnya mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum(KKM). Sedangkan tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Make A Match dalam peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV MI Ma’arif NU 01 Samarinda Tahun Pembelajran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, yang mana subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 35 siswa, sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah model pembelajaran Make A Match untuk peningkatan hasil belajar IPA materi sumber daya alam. Insrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Observasi dilakukan pada setiap pertemuan selama pembelajaran, test terdiri dari tugas yang diberikan pada setiap pertemuan, dan tes pada akhir pembelajaran untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada setiap proses pembelajaran. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa hasil belajar yang diperoleh siswa pada penerapan model pembelajaran make a match mengalami peningkatan. Dari kemampuan awal hasil belajar siswa sebesar 64,85, meningkat menjadi 72,28 pada saat penerapan model pembelajaran make a match, dan meningkat lagi menjadi 83.00 pada pembelajarn berikutnya. Dilihat dari persentase ketuntasannya juga mengalami peningkatan dari data awal hanya 40%, pada saat penerapan model pembelajaran make a match meningkat menjadi 62,86 %, dan meningkat lagi menjadi 94,28% pada pembelajaran berikutnya.
URI
http://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/639
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah [234]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV