Peningkatkan Kemampuan Membaca Bahasa Indonesia Menggunakan Media kartu Kata Di Kelas II C MI Asy- syauqi Tenggarong
Abstract
ABSTRAK
Rahma, 2017 “Peningkatkan Kemampuan Membaca Bahasa Indonesia Menggunakan Media kartu Kata Di Kelas II C MI Asy- syauqi Tenggarong”. Skripsi ini dibawah bimbingan Dr. Hj. Fathul Janah, M.SI, Selaku pembimbing I dan Maulida, M,Pd, selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui mengapa rendahnya minat membaca di MI Asy- syauqi Tenggarong, dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatkan keterampilan membaca permulaan dengan menggunakan media kartu kata pada siswa kelas II C MI Asy- syauqi Kecamatan Timbau, Kabupaten Kutai kartanegara. Penelitian ini dilakukan karna rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas II C MI Asy- syauqi tahun pembelajaran 2016/2017 dalam membaca.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitiani adalah siswa - siswi kelas II C MI Asy-syauqi Tenggarong yang berjumlah 25 siswa, sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah alat peraga kartu kata. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, Setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Observasi dilakukan pada setiap pertemuan selama pembelajaran, tes yang dilakukan menggunanakan penilaian enceklis secara langsung kepada siswa saat pembelajaran berlangsung, dan tes pada akhir setiap siklus untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran membaca permulaan dengan menggunakan media kartu kata dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas II MI Asy- syauqi. Keterampilan membaca pada pra tindakan sebesar 52% dan ke tuntasan 48% , pada Siklus I ke tuntasan yang diperoleh sebesar 68% dan, pada siklus II dengan ketutasan 80%. Pada tindakan ini keterampilan membaca siswa dengan lafal, intonasi dan kelancaran membaca memahami meningkat hingga mencapai kriteria ke tuntasan yang ditetapkan yaitu dengan rata- rata KKM kelas 70 dan, ketuntasan kelas 80%. pada siklus I digunakan kartu kata dengan ukuran 13 × 6 cm dan setiap kata dengan satu warna. pada siklus II digunakan kartu kata dengan ukuran yang lebih besar 18× 6 cm dan setiapa kata terdapat pemenggalan kata yang dipisahkan dengan warna yang berbeda.