dc.description.abstract | ABSTRAK
Yusrotul Magfiroh, 2017. “Pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap Keefektifan Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam (PI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. Khairul Saleh, M. Ag dan Siti Nor Asiah, S.E, M. Pd.
Latar belakang masalah dalam penelitian ini yaitu terdapat permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran di kelas khususnya pada mata pelajaran PAI sehingga pengelolaan kelas dapat dikatakan kurang optimal, hal itu berdampak pada perilaku peserta didik yang menyimpang seperti kurang memperhatikan, mengantuk bahkan asik bermain. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu mengetahui adanya pengaruh pengelolaan serta mengetahui besarnya pengaruh pengelolaan kelas terhadap keefektifan belajar siswa di Sekolah Menengan Keuruan (SMK) Negeri 5 Samarinda.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi di SMK Negeri 5 Samarinda. Adapun yang menjadi sampel adalah siswi kelas XII AP 2 (Administrasi Perkantoran) yang berjumlah 38 orang. Jenis penelitian ini yaitu berupa penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan penelitan kantitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi, Angket dan Dokumentasi.
Setelah data dari angket terkumpul, maka penulis analisa dengan menggunakan rumus Product Moment untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya. Dan hasil yang diperoleh dari perhitungan angket melalui rumus product moment kemudian diinterpretasikan kedalam tabel Interpretasi. Adapun hasil yang diperoleh berdasarkan perhitungan koefesien korelasi Product Moment rxy menunjukkan angka sebesar 0,607, dan jika dinterpretasikan berada pada rentang nilai antara 0,40 - 0,70. Jadi dapat disimpulkan bahwa Pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap Keefektifan Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 Samarinda termasuk dalam kategori “ Sedang atau Cukup Berkorelasi”. Kemudian dilakukan perhitungan Koefesien Determinasi/koefesien Penentu (Kp) untuk mengetahui besarnya sumbangan variabel X terhadap variabel Y yaitu diperoleh angka sebesar 36,80% dan sisanya sebesar 63,20% ditentukan oleh variabel lain.
Dan dari hasil analisis tersebut akan diuji dengan menggunakan rumus Uji t (t-test) untuk membuktikan kebenaran hipotesis dapat diterima atau ditolak. Pada taraf signifikansi 0,05%, yang diketahui ttabel adalah 1,69, dan diperoleh hasil thitung sebesar 4,578, dengan demikian thitung > dari ttabel, yang berarti hipotesis menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap Keefektifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMK Negeri 5 Samarinda yaitu (Ha) dapat di terima dan (Ho) di tolak. | en_US |