Show simple item record

dc.contributor.authorFitriani, Dewi
dc.date.accessioned2020-06-26T07:04:25Z
dc.date.available2020-06-26T07:04:25Z
dc.date.issued2017-06-16
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/647
dc.description.abstractABSTRAK Dewi Fitriani, 2017. “Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SDN 009 Sungai Pinang Samarinda. Skripsi, Jurusan Madrasah Ibtidaiyah dan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Syeh Hawib Hamzah, S.Ag, M.Pd dan Rostanti Toba, M.Pd Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui saat proses kegiatan belajar mengajar berlangsung banyak siswa yang masih bermain sendiri dan tidak memperhatikan pelajaran sehingga keterlibatan siswa menjadi kurang. Dengan menggunakan metode demonstrasi diharapkan siswa dapat terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, maka siswa dapat termotivasi terhadap mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada materi gaya, di mana dengan metode ini akan semakin kuat dan melekat dalam ingatan siswa serta dapat bertahan lebih lama. Sedangkan tujuan dari Penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SDN 009 Sungai Pinang Samarinda. Sedangkan jenis penelitian ini adalah deskriftif kuantitatif, karena permasalahan yang diteliti memerlukan data deskriptif yang berupa angka, dimana populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V di Sekolah Dasar Negeri 009 Sungai Pinang Samarinda yang berjumlah 90 siswa. Mengingat keterbatasan peneliti dari segi waktu, tenaga, dan finansial, maka peneliti mengambil sampel dengan teknik purposive sampling yang mana, teknik purposive sampling merupakan teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Jadi, pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan guru, dengan pertimbangan siswa-siswinya sama-sama duduk di kelas V dan sama-sama mendapatkan materi gaya. Guru memberikan kelas VB sebagai sampelnya yang berjumlah 30 siswa di Sekolah Dasar Negeri 009 Sungai Pinang Samarinda Tahun Ajaran 2016/2017. Untuk memperoleh informasi dan data guna mendukung penelitian ini, maka peneliti menggunakan metode Field Work Research (penelitian lapangan) dengan mengadakan langsung penelitian di lapangan atau tempat yang menjadi obyek penelitian, untuk mencari dan mengumpulkan informasi dan data yang diperlukan dengan menggunakan teknik observasi, teknik angket, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul maka peneliti menganalisa data menggunakan rumus Product Moment. Dari analisa data diperoleh hasil penelitian dengan kesimpulan bahwa metode demonstrasi kuat pengaruhnya terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SDN 009 Sungai Pinang Samarinda. Ini terbukti dari hasil rxy = 0,615 sedangkan jika diproses dengan menggunakan statistik uji-t diperoleh nilai t(hitung) = 4,13 dan jika diinterprestasikan pada aturan keputusan hipotesis, maka (hitung) = 4,13 > t (tabel) = 0,374. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa Metode Demonstrasi berpengaruh terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar Negeri 009 Sungai Pinang Samarinda diterima.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectMetode Demonstrasi, Motivasi Belajaren_US
dc.titlePengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SDN 009 Sungai Pinang Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record