Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type Make A Match Pada Pelajaran Matematika Kelas V SDN 024 Samarinda Utara
Abstract
ABSTRAK
Atika Zahra, 2017, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type Make A Match Pada Pelajaran Matematika Kelas V SDN 024 Samarinda Utara. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Zurqoni, M.Ag dan Drs. Khairul Saleh, M.Ag.
Latar belakang penelitian ini adalah pelajaran matematika sangat penting dalam kehidupan dan pengembangan pengetahuan. Mengingat hal tersebut seharusnya konsep-konsep dalam Matematika dapat dipelajari dengan baik oleh siswa. Namun pada kenyataannya tidak sesuai dengan harapan tersebut, pada umumnya pelajaran Matematika merupakan mata pelajaran yang tidak disenangi. Hal tersebut dapat menyebabkan rendahnya minat belajar dan rendahnya motivasi belajar Matematika siswa. Oleh karena itu diperlukan metode pembelajaran yang tepat dalam penyampaian pelajaran Matematika. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif type Make a Match pada mata pelajaran Matematika siswa kelas V SDN 024 Samarinda Utara.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V Sekolah Dasar Negeri 24 Sempaja Utara pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif type Make a Match. Peneliti melaksanakan penelitian di kelas VD dengan 1 orang guru kelas, jumlah seluruh siswa sebanyak 42 terdiri dari jumlah siswa laki-laki sebanyak 19 sedangkan perempuan sebanyak 23. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam pelaksanaan penelitian ini peneliti melakukan pengamatan terhadap proses pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif type Make a Match.
Berdasarkan hasil penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif type Make a Match pada pelajaran matematika di kelas V SDN 024 Samarinda Utara yang telah di laksanakan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif type Make a Match pada pelajaran matematika ini berhasil. Dikatakan berhasil karena peserta didik dapat mencapai tujuan mereka dengan saling membantu. Setiap peserta didik memiliki andil dalam menyumbang pencapaian tujuan. Tujuan pembelajaran kooperatif yang dicapai adalah penguasaan pengetahuan akademik, penerimaan terhadap keragaman dan pengembangan keterampilan sosial