dc.description.abstract | ABSTRAK
Sitti Aminah,2017, “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Cooperative Learning Tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) Kelas V SD Setia Samarinda Seberang Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Pendidikan Madrasah Falkultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Bahrani, M.Pd, dan Siti Julaiha, S.Ag, M.Pd.
Latar Belakang penelitian ini adalah pembelajaran matematika masih berpusat pada guru atau teacher centered sebagian besar siswa tidak merasa tertarik dengan materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Siswa tidak memperhatikan penjelasan guru, di antara mereka banyak yang berbicara tanpa arah, bermain-main, suasana belajarnya gaduh tidak terkendali. Siswa yang bertanya dan menjawab pertanyaan guru hanya sebagian kecil saja. Mereka cepat merasa bosan dan takut dengan pembelajaran matematika. Guru hanya mengembangkan pembelajaran matematika secara individual, dan siswa bekerja sendiri-sendiri dalam menyelesaikan tugas belajarnya. Hasil tes untuk Kompetensi Dasar Operasi Pembagian Pecahan dari 21 siswa rata-ratanya 43. 20 siswa (95 %) mendapat nilai di bawah KKM yaitu 70. Untuk memecahkan masalah tersebut peneliti menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams-Achievement Division (STAD).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui model Cooperative Learning Tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) kelas V SD Setia Samarinda Seberang tahun pelajaran 2016/2017. Jumlah 21 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Data tes dianalisis dengan menggunakan nilai mean (rata-rata) dan penilaian ketuntasan belajar dianalisis dengan menggunakan prosentase ketuntasan belajar.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Setia, hal ini dapat dibuktikan dari nilai awal dengan rata-rata 39,38 (5%). Setelah dilakukan tindakan pembelajaran pada siklus 1 melalui model Cooperative Learning Tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 62,38 (57%), namun hal tersebut belum memenuhi ketuntasan keseluruhan, maka peneliti melakukan tindakan pembelajaran pada siklus 2. Setelah pembelajaran yang sama dilakukan telah diperoleh nilai rata-rata 92,29 (90%). Hal ini membuktikan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika dari nilai awal, siklus 1, dan siklus 2. Simpulan dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika pada operasi pembagian pecahan melalui model Cooperative Learning Tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) mengalami peningkatan sebesar 33% dengan nilai ≥ 70 | en_US |