Show simple item record

dc.contributor.authorMuttaqin, Zainal
dc.date.accessioned2020-07-02T02:13:40Z
dc.date.available2020-07-02T02:13:40Z
dc.date.issued2017-09-13
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/670
dc.description.abstractABSTRAK Zainal Muttaqin, ”Inovasi Kurikulum Di Madrasah Aliyah (MA) Darul Ihsan Samarinda” di bawah bimbingan Dr. Muhammad Nasir, M.Ag sebagai Pembimbing I dan Imroh Atul Musfirah, M.Pd.I sebagai Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui perencanaan inovasi kurikulum di Madrasah Aliyah (MA) Darul Ihsan Samarinda, 2) Mengetahui bentuk-bentuk inovasi kurikulum di Madrasah Aliyah (MA) Darul Ihsan Samarinda. 3) Mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan inovasi kurikulum di Madrasah Aliyah (MA) Darul Ihsan Samarinda. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitis. Penelitian ini berupaya untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang “Inovasi Kurikulum di Madrasah Aliyah (MA) Darul Ihsan Samarinda. Pendekatan yang digunakan deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah hasil observasi, fakta-fakta, dan dokumen yang sesuai dengan penelitian. Untuk sumber datanya yaitu Waka Kurikulum dan Kepala Sekolah. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan model analisis interaktif yang mencakup empat komponen yang saling berkaitan yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa inovasi perencanaan kurikulum di Madrasah Aliyah Darul Ihsan Samarinda yaitu berupa: a) mengembangkan rencana inovasi kurikulum dengan segenap komponen madrasah yang ikut berpartisipasi, landasan inovasi kurikulumnya berupa budaya setempat dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, c) pengembangan kurikulum datang dari bawah (The grass roots model), d) yang terkait dalam pengembangan kurikulum: kepala madrasah, guru dan peserta didik, komite sekolah, dan pemerintah. Bentuk-bentuk inovasi kurikulumnya: a) inovasi tujuan kurikulum yang memadukan tujuan madrasah dan tujuan pemerintah/nasional, b) inovasi bahan ajar yang menyesuaikan visi dan misi sekolah sehingga dapat dicanangkan metode pembelajaran yang kontekstual, c) pemanfaatan media seperti OHP proyektor saat mengajar, laboratorium komputer pada saat pelajaran praktek computer dan lainnya, d) penyusunan sistem evaluasi yang disesuaikan dengan program madrasah dan pemerintah, e) inovasi ekstrakurikuler atau pengembangan diri berupa maulid al- habsyi, rebana, seni kaligrafi, Arabic club, English club, bimbingan baca al-Qur’an, TIK, dan kelompok olahraga, seluruhnya merupakan program unggulan madrasah, dan terakhir f) inovasi muatan lokal yang diprogramkan agar sesuai dengan keunggulan madrasah berupa semua pelajaran pondok seperti: ilmu fiqih, tauhid, hadits, akhlak, faraidh, tafsir, nahwu shorf, tarikh, khot, ushul fiqh, dan pelajaran kitab kuning. Sedangkan Faktor-faktor yang mempengaruhi inovasi kurikulum di MA Darul IhsanSamarinda, diantaranya yaitu: a) faktor pendukung diantaranya faktor guru (SDM), faktor media, faktor sarana dan prasarana, faktor kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, sedangkan b) faktor penghambat diantaranya, kurang tersedianya anggaran yang memadai dan evaluasi atau penilaian kognitif berupa Ujian Nasional yang membuat sulit madrasah karena harus mengejar target kelulusan.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectInovasi, Kurikulumen_US
dc.titleInovasi Kurikulum Di Madrasah Aliyah (MA) Darul Ihsan Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record