dc.description.abstract | ABSTRAK
Dian Arif Noor Pratama, 2017. Manajemen Strategi di Pondok Pesantren Nabil Husein Samarinda. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Samarinda.Penelitian ini dibimbing oleh Dra. Hj. Ananiah M, MPd dan Siti Julaiha, S.Ag, M.Pd.
Pondok Pesantren harus memeiliki orientasi yang visioner dan multidimensi, karena dalam era globalisasi ini, pendidikan Islam mengalami berbagai tuntutan dan tantangan.Sehingga membutuhkan pengelolaan dengan strategi tertentu yang mampu menyehatkan keberadaan lembaga Pendidikan Islam.Terlebih untuk Pondok Pesantren, keberadaannya sangat diharapkan masyarakat, untuk mampu memberikan respon dan jawaban Islami terhadap tantangan zaman.Oleh karena itu diperlukan manajemen strategi untuk mengelola strategi-strategi tersebut.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen strategi di Pondok Pesantren Nabil Husein.
Jenis penelitian ini tergolong penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yakni menggambarkan apa adanya kenyataan faktual yang ditemukan di lapangan. Dalam menganalisa peneliti menggunakan beberapa teknik dalam mengumpulkan data, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi dengan menuangkan atau menggambarkan uraian kata-kata dari data yang diperoleh selama di lapangan.Sumber data dalam penelitian ini adalah pimpinan Pondok Pesantren, Sekretaris dan pengasuh Pondok Pesantren.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah implementasi manajemen strategi di Pondok Pesantren Nabil Husein Samarinda dilakukan dalam empat tahap yaitu pertama, pengamatan lingkungan dengan mengidentifikasi isu-isu strategi yang berkembang melalui analisis lingkungan eksternal dan internal, analisis yang digunakan yaitu analisis kebutuhan masyarakat dan analisis SWOT, Meski tidak melalui strandarisasi, karna Pondok Pesantren tidak memiliki standarisasi manajemen yang baku. Kedua, perumusan strategi dilakukan dengan menentukan visi, misi, dan tujuan Pondok Pesantren dengan perumusan yang melibatkan seluruh stakeholders. perspektif pembelajaran dan pengembangan dengan melalui jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Ketiga, implementasi strategi dilakukan dengan pengembangan program, bimbingan dan pengajaran di Pondok Pesantren Nabil Husein.disusun dengan penyempurnaan-penyempurnaan dengan mengacu ketentuan-ketentuan pendidikan secara umum dan pendidikan pesantren pada khususnya, hingga menjadi program harian santri.Pengevaluasian dan pengendalian dilaksanakan melalui rapat evaluasi rutin bulanan, dan juga dilaksanakan pada akhir tahun ajaran, bertujuan untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan dalam kinerja selama setahun. | en_US |