Show simple item record

dc.contributor.authorAgustina, Wulan
dc.date.accessioned2020-07-08T07:50:23Z
dc.date.available2020-07-08T07:50:23Z
dc.date.issued2017-06-07
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/704
dc.description.abstractABSTRAK Wulan Agustina, 2017. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Picture And Picture Pada Siswa Kelas III SDI Jami’atul Muttaqin Palaran Tahun Pembelajaran 2016/2017. Skripsi, Program Sarjana, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Institut Agama Islam Negri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Bahrani, M.P.d dan Siti Julaiha, S.Ag, M.Pd Penelitian ini dilatar belakangi bahwa pembelajaran matematika di kelas III SD Islam Jami’atul Muttaqin Palaran selama ini umumnya masih bermodal mengahafal rumus untuk menyelesaikan soal-soal matematika. Dan guru selama ini hanya menggunakan metode ceramah dimana pembelajaran berpusat pada guru, siswa duduk, diam, dengar, catat dan hafal, sehingga siswa pasif dan kurang terlibat dalam pembelajaran. Hasil tes untuk kompetensi dasar mengenal pecahan dari 30 siswa sebesar 67% atau sebanyak 20 siswa mendapat nilai di bawah KKM yaitu 75. Untuk memecahkan masalah tersebut, peneliti menggunakan model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas III SD Islam Jami’atul Muttaqin Palaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Classroom Action Research (penelitian tindakan kelas). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dilapangan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah menggunakan rumus sederhana untuk mencari nilai siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model picture and picture dapat meningkatkan pembelajaran matematika pada materi mengenal pecahan kelas III SD Islam Jami’atul Muttaqin Palaran Tahun Pembelajaran 2016/2017. Dari jumlah 30 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tentang peningkatan hasil belajar matematika materi mengenal pecahan melalui model pembelajaran picture and picture dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas III SD Islam Jami’atul Muttaqin Palaran, hal ini dapat dibuktikan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran picture and picture dijadikan sebagai nilai dasar bagi siklus I, yaitu rata-rata 58,7 dengan persentase ketuntasan 33% atau sebanyak 10 siswa dari 30 siswa. Setelah dilakukan pembelajaran menggunakan model picture and picture pada siklus 1 mengalami peningkatan rata-rata 65,8 dengan persentase ketuntasan 40% atau sebanyak 12 siswa dari 30 siswa. Namun hal tersebut belum memenuhi ketuntasan keseluruhan, maka peneliti melakukan tindakan pembelajaran pada siklus 2, setelah pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran yang sama telah diperoleh nilai rata-rata 82,7 dengan persentase ketuntasan 90% atau sebanyak 27 siswa dari 30 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture, ada peningkatan hasil belajar matematika dari nilai awal, siklus 1, dan siklus 2. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran picture and picture pada pembelajaran matematika, hasil belajar siswa kelas III SD Islam Jami’atul Muttaqin Palaran mengalami peningkatan.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectMatematika, Model Picture And Pictureen_US
dc.titlePeningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Picture And Picture Pada Siswa Kelas III SDI Jami’atul Muttaqin Palaran Tahun Pembelajaran 2016/2017en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record