Show simple item record

dc.contributor.authorRidwan, Andi
dc.date.accessioned2020-07-10T06:53:11Z
dc.date.available2020-07-10T06:53:11Z
dc.date.issued2017-09-07
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/711
dc.description.abstractABSTRAK Andi Ridwan, 2017. “Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Gambar Tumbuhan dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 012 Muara Badak”. Penelitian ini dibimbing oleh Lina Revilla Malik, M.Si dan Khusnul Khotimah, M.Si Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya penggunaan alat peraga gambar diajarkan di Sekolah Dasar. Dan perlu diketahui sebagian besar di sekolah hanya mengajarkan mata pelajaran IPA hanya dengan metode Konvensional sehingga dalam kegiatan belajar akan terasa jenuh sehingga dengan adanya penggunaan alat peraga gambar, pelajaran akan lebih kondusif, menyenangkan dan efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui sejauh mana Efektifitas Penggunaan alat Peraga Gambar pada materi Struktur Tumbuhan dan Fungsinya terhadap Hasil Belajar IPA Siswa kelas IV SDN 012 Muara Badak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode analisis data kuantitatif dalam penelitian lapangan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data lapangan ialah menggunakan instrumen tes observasi dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen (Quasi Eksperimen Research, sedangkan desain penelitiannya menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu penggunaan alat peraga gambar dan variabel terikat yaitu hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 012 Muara Badak. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 012 muara badak yang berjumlah 58 Siswa. Instrument ini mengukur hasil belajar menggunakan pre test dan post test yang berbentuk tes objektif. Validitas instrument diuji dengan rumus korelasi Product Moment dan untuk mengetahui reliabilitasnya diuji dengan menggunakan rumus Cronbach Alpha. Teknik analisis data menggunakan t-test, yang sebelumnya telah diketahui homogenitas dan normalitasnya. Pada kelompok eksperimen diperoleh nilai rata rata pre test sebesar 68,97 dan nilai post test sebesar 79,03. Pada kelompok kontrol diperoleh nilai rata-rata pre test sebesar 71,59 dan nilai post test sebesar 71,86. Hasil uji hipotesis post test kelompok eksperimen dan kontrol menunjukkan bahwa uji t hitung > t tabel dengan nilai 2,147 > 2,003 (nilai Df 56) atau nilai signifikansi 0,036 < 0,05.bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya ada perbedaan yang signifikan pada hasil post-test kelompok eksperimen yang pembelajarannya menggunakan alat peraga gambar dan kelompok kontrol yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional/ ceramah. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga gambar dalam pembelajaran memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 012 Muara Badaken_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectAlat Peraga, Gambar Tumbuhan,en_US
dc.titlePengaruh Penggunaan Alat Peraga Gambar Tumbuhan dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 012 Muara Badaken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record