dc.description.abstract | ABSTRAK
Inda Tita Mustika, Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Keberhasilan Belajar IPA Kelas IV di SDN 002 Gunung kapur. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) samarinda. Penelitian ini di bawah bimbingan Bapak Drs. Ahmad Riyadi, M. Hum sebagai pembimbing I dan Ibu Marniati Kadir M.Pd sebagai pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh Ketepatan seorang guru dalam memilih model pembelajaran yang efektif. Dalam proses belajar mengajar akan dapat menghasilkan pembelajaran yang efektif yaitu tercapainya tujuan pembelajaran yang diinginkan. Sebaliknya, ketidak tepatan seorang guru dalam memilih model pembelajaran yang efektif dalam suatu pembelajaran, maka akan dapat menimbulkan kegagalan dalam mencapai pembelajaran yang efektif yaitu tidak tercapainya tujuan pembelajaran yan diinginkan. Proses pembelajaran yang tidak mencapai sasaran, dapat dikatakan sebagai pembelajaran yang tidak efektif.
Adapun model pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar IPA adalah moel pembelajaran jigsaw, yaitu dengan membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang tergabung dalam kelompok ahli dan kelompok gabungan atau asal.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dalam penelitian ini sumber data adalah seluruh siswa kelas IV SDN 002 Gunug Kapur. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi, pedoman wawancara, dan lembar dokumentasi.
Efektivitas adalah penilaian yang dibuat sehubungan dengan prestai individu, kelompok, semakin dekat pencapaian prestasi yang diharapkan supaya lebih efektif hasil penilaiannya.efektivitas penerapan model pembelajaran IPA dapat dilihat dari keaktifan serta animo peserta didik dalam mengikuti setiap sesi pertemuan materi IPA. | en_US |