Show simple item record

dc.contributor.authorSanawiyah, Sanawiyah
dc.date.accessioned2020-12-10T03:11:32Z
dc.date.available2020-12-10T03:11:32Z
dc.date.issued2020-06-20
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/847
dc.description.abstractABSTRAK Sanawiyah, 2020. “Efektifitas penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples Bagi Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqih di MI Ma’arif NU 003 Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh bapak Drs. Darwis, M.SI selaku dosen pembimbing I dan ibu Rumainur, M.Pd.I selaku dosen pembimbing II Latar belakang penelitian ini, berawal dari Observasi awal yang dilakukan oleh peneliti di MI Ma‟arif NU 003 Samarinda bahwa dalam proses pembelajaran di kelas yang sering sekali dihadapi peserta didik. Biasanya siswa cendrung merasa jenuh, bosan, dan malas terhadap suatu pembelajaran. Karena proses belajar mengajar yang digunakan guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional atau model pembelajaran yang belum bervariasi, akibatnya kegiatan pembelajaran menjadi kurang efektif sehingga cendrung membosankan dan dapat membuat siswa tidak menjadi fokus, dan lebih asik mengobrol ataupun bermain sendiri dengan teman sebangkunya. Oleh sebab itu diperlukannya suatu perubahan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada proses belajar mengajar, yaitu dengan menerapkan suatu model pembelajaran yang tepat, sesuai dengan kondisi siswa dan materi ajar, sehingga dalam penelitian ini, peneliti memilih model pembelajaran Examples Non Examples untuk diterapkan ke peserta didik agar menjadi sebuah solusi pembelajaran yang kurang efektif dan masih menerapkan metode-metode kelas yang masih tradisional dan sulit dipahami peserta didik. Karena Model pembelajaran Examples Non Examples ini merupakan model pembelajaran yang dapat membuat peserta didik untuk lebih belajar atau berfikir keritis dalam memecahkan suatu permasalahan yang telah diberi oleh guru dan Model pembelajaran ini juga dapat membuat siswa untuk lebih bersemangat dalam kerja sama mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran examples non examples efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MI Ma‟arif NU 003 Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pretest-postest control group design, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, statistik yang digunakan untuk membuktikan hipotesis analisis adalah uji two independent sampel t-test. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini dapat dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang menggunakan uji two independent sampel t-test yaitu sig. (2-tailid) bernilai 0, 001. Karena nilai 0,001 kurang dari 0, 05, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterimah.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectEfektifitas, Model, Examples Non Examplesen_US
dc.titleEfektifitas penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples Bagi Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqih di MI Ma’arif NU 003 Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record