dc.description.abstract | ABSTRAK
Muhammad Fathan, 2020. “Manajemen Bimbingan Konseling Dalam Membina Self Control Siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darul Ihsan Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Zamroni, M.Pd selaku pembimbing I dan Dr. Husni Idris, M.Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah Manajemen Bimbingan Konseling Dalam Membina Self Control Siswa merupakan kegiatan awal untuk menentukan perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian bimbingan konseling dalam membina Self Control Siswa di masa sekarang dan masa depan dan apa saja yang dibutuhkan dalam manajemen bimbingan konseling. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen bimbingan konseling dalam membina self control siswa.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field work research) dan jemis penelitiannya adalah kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah MTs Darul Ihsan Samarinda, Waka Kesiswaan atau Guru BK MTs Darul Ihsan Samarinda, dan Siswa MTs Darul Ihsan Samarinda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah redukasi data, penyajian data dan penarikankesimpulan.
Pembahasan hasil penelitian, Manajemen bimbingan konseling (BK) dalam membina self control siswa di MTs Darul Ihsan Samarinda dapat disimpulkan bahwa manajemen bimbingan konseling dalam membina self control siswa di MTs Darul Ihsan Samarinda sudah berjalan baik, manajemen bimbingan konseling dalam membina self control siswa dari segi fungsi manajemen diawali dengan tahap planning atau perencanaan penyusunan program kerja bimbingan konseling. Organizing atau pengorganisasian tim kerja bimbingan konseling ditentukan berdasarkan kompetensi yang dimiliki. Controlling atau pengendalian dilakukan diawal dan di akhir program bimbingan konseling dan Manajemen bimbingan konseling dalam membina self control siswa di MTs Darul Ihsan Samarinda adalah Membangun stigma kepada para siswa bahwa keberadaan Bimbingan Konseling (BK) bukan hanya menangani siswa yang bermasalah tetapi juga yang berprestasi, membantu mengarahkan siswa yang ingin melanjutkan sekolah dengan mengetahui potensi diri, minat dan bakat, dan membantu siswa-siswa yang memerlukan arahan baik sikap, kemampuan intelektual maupun kemampuan religious plus santri yang merasa bermasalah dari segalasisi. | en_US |