Show simple item record

dc.contributor.authorIsmayanti, Ismayanti
dc.date.accessioned2020-12-10T03:54:55Z
dc.date.available2020-12-10T03:54:55Z
dc.date.issued2020-06-25
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/849
dc.description.abstractABSTRAK Ismayanti, 2020. “Pengaruh Penerapan Ice Breaking Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muna Samarinda”, Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr.Muchammad Eka Mahmud, M.Ag selaku pembimbing I dan Bapak Wildan Saugi, M. Pd selaku pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi oleh terdapat siswa yang cenderung merasa jenuh, bosan dan malas terhadap suatu pembelajaran, terlebih ketika siswa masuk pada siang hari dan memiliki waktu belajar cukup panjang, yang berjalan setiap harinya. Kemampuan berkonsentrasi peserta didik terutama sekolah dasar tidak bisa berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Akibatnya siswa tidak menjadi fokus, dan lebih asik mengobrol ataupun bermain sendiri dengan teman sebangkunya. Jarang sekali para guru yang memberikan Ice Breaking sebagai pencair suasana ditengah materi yang sedang disampaikan. Adapun yang akan diukur oleh peneliti adalah pengaruh penerapan Ice Breaking terhadap konsentrasi belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Ibtidaiyah Al-Muna Samarinda yang berjumlah 230 siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling dengan mengambil sampel sebanyak 51 siswa yang terbagi menjadi dua kelas sebagai objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen observasi, angket, dan dokumentasi. Instrumen observasi dilakukan untuk memperoleh gambaran nyata suatu peristiwa atau kejadian di tempat peristiwa, instrumen angket digunakan untuk memperoleh data dari setiap variabel, instrumen dokumentasi digunakan untuk megumpulkan dan menguatkan data penelitian, hasil dari pengumpulan data tersebut di analisi dengan menggunakan korelasi Product Moment, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil dari penelitian pengaruh penerapan Ice Breaking terhadap konsentrasi belajar siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muna Samarinda menunjukkan hasil analisis data penelitian korelasi sebesar 0,850. Adapun interpretasi nilai r menunjukkan angka tersebut berada pada skala antara 0,700 – 0,900 yang berarti korelasi antara Ice Breaking terhadap konsentrasi belajar siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muna Samarinda tergolong kuat. Adapun uji T dengan thitung sebesar 7,58444. Jika di bandingkan dengan t-tabel maka t-hitung 7,58444 > t-tabel 1.67655 sehingga variabel Ice Breaking sangat berpengaruh terhadap konsentrasi belajar siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muna Samarinda. Perhitungan koefisien determinasi di peroleh nilai sebesar 72,25 % sedangkan 27,75% dipengaruhi oleh variabel dari luar. Dalam penelitian ini, peneliti dapat mengetahui seberapa besar penagaruh Ice Breaking terhadap konsentrasi belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data peneliti bahwa pengaruh Ice Breaking terhadap konsentrasi belajar siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muna Samarinda tergolong kuaten_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectIce Breaking, Konsentrasien_US
dc.titlePengaruh Penerapan Ice Breaking Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muna Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record