Problematika Pengembangan Produk Dan Pemasaran Pada Usaha Nipah Urang Handil Dalam Perspektif Ekonomi Islam
Abstract
ABSTRAK
Retno Tri Aryani, 2020. “Problematika Pengembangan Produk Dan Pemasaran Pada Usaha Nipah Urang Handil Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Home Industry Nipah Urang Handil)”. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Muhammad Iswadi, M. SI dan Ibu Kokom Komariah, Sp, M. SI.
Home industry merupakan kegiatan usaha yang dapat berperan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Akan tetapi posisi yang strategis dari home industry diberbagai tempat belum didukung sarana dan prasarana yang dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi kehidupan perekonomian. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja problematika pengembangan produk dan pemasaran pada Home Industry Nipah Urang Handil, mengetahui strategi yang dilakukan oleh Home Industry Nipah Urang Handil dalam menghadapi problematika pengembangan produk dan pemasaran, serta untuk mengetahui strategi pengembangan produk dan pemasaran pada Home Industry Nipah Urang Handil dalam perspektif ekonomi Islam.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini ialah pemilik usaha, para tenaga kerja dan konsumen Home Industry Nipah Urang Handil serta para pengurus outlet oleh-oleh Muara Jawa binaan PT Pertamina Hulu Mahakam. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Problematika pengembangan produk dan pemasaran pada Home Industry Nipah Urang Handil yaitu mulai dari masalah modal, bahan baku, dan belum ditemukannya teknologi tepat guna dalam meningkatkan kemampuan produksi, proses birokrasi terkendala dengan proses yang sulit dan membutuhkan dana yang cukup besar serta jangka waktu yang cukup lama. Desain produk masih perlu ditingkatkan, dan Home Industry Nipah Urang Handil belum memiliki konsumen tetap dan reseller masih sedikit sehingga menyebabkan terhambatnya produk untuk dapat dikenal secara luas. Strategi pengembangan produk yaitu dengan peningkatan kualitas produk, peningkatan keistimewaan produk, dan menerapkan desain produk. Serta berusaha menerapkan strategi pemasaran yaitu dengan strategi bauran pemasaran marketing mix. Home Industry Nipah Urang Handil berupaya untuk menerapkan strategi pengembangan produk dan pemasaran yang sesuai dengan perspektif ekonomi Islam yaitu untuk strategi pengembangan produk dengan berusaha mencontoh kesuksesan Nabi Muhammad SAW. dalam melakukan bisnis yang dilandasi oleh dua hal pokok, yaitu kepribadian yang amanah dan terpercaya, serta pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni. Kemudian strategi pemasaran yaitu dengan berusaha untuk mengimplementasikan strategi bauran pemasaran syariah.
Kata Kunci: Problematika, Pengembangan Produk Syariah, Pemasaran Islam