Meningktakan Kemampuan Membaca Melalui Metode Stuktural Analitik Sintetik (SAS) Siswa Kelas I MI Al-Adawiyah Loa Kulu Kutai Kartanegara
Abstract
ABSTRAK
Julia, 2020. “Meningktakan Kemampuan Membaca Melalui Metode Stuktural Analitik Sintetik (SAS) Siswa Kelas I MI Al-Adawiyah Loa Kulu Kutai Kartanegara ”. Penelitian tindakan Kelas (PTK) Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam (IAIN) Samarinda. Skripsi penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr.Suratman,M.Pd selaku pembimbing I dan Juhairiah, M.Pd. selaku pembimbing II Latar belakang penelitian ini adalah siswa belum bisa membaca kata dan kalimat dengan lancar, dan kejelasan dalam membaca huruf-huruf konsonan yang masih sering terbalik balik. Berdasarkan pengalaman peneliti sebagai guru, ada 12 siswa (70%) belumba bisa membaca dengan lancer tetapi hanya 5 siswa (29%) yang mampu membaca dengan baik. Oleh karena itu, peneliti ingin meningkatkan kemampuan membaca melalui metode stuktural analitik sintetik (SAS) siswa MI AlAdawiyah Loa Kulu Kutai Kartanegara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I melalui metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) di MI Al-Adawiyah Loa Kulu Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri pra siklus, siklus I, siklus II dalam tiga kali pertemuan. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, tes lisan, dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan lembar observasi guru dan siswa. Berdasarkan hasil prasiklus sebelum tindakan ditemukan hanya 5 siswa (30%) dari 17 siswa yang mampu membaca dengan lancar. Setelah dilakukan tindakan, pada siklus I, ada peningkatan kemampuan siswa membaca dengan lancar menjadi 13 siswa (76%). Hasil tersebut menunjukkan cukup signifikan peningkatan kemampuan siswa membaca, namun peningkatan ini masih ada yang bermasalah dan belum tuntas karena masih ada 4 siswa yang masih belum lancar membaca. Hal ini, peneliti melanjutkan tindakan pada siklus II. Pada siklus ini ditemukan ada peningkatan kemampuan siswa membaca menjadi 16 siswa (94%). Oleh karena itu, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I MI Al Adawiyah Loa Kulu Kutai Kartenegara.