Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Pakaian Muslim di Toko UD. Cahaya Muslim Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Muspita, 2020. “Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Pakaian Muslim di Toko UD. Cahaya Muslim Samarinda”. Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. ” Penelitian ini dibimbing oleh Hj. Norvadewi, M.Ag dan Hj. Kokom Komariah, SP., M.Si.
Perilaku konsumen selalu berubah dan bergerak sepanjang waktu, sehingga sangatlah penting upaya dalam memuaskan konsumen agar terciptanya keputusan pembelian. Faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian diantaranya bauran pemasaran meliputi produk, harga, tempat, promosi. Saat ini bisnis pakaian muslim semakin meningkat karena sebagian besar masyarakat memiliki minat yang besar terhadap pakaian muslim tersebut. Di Samarinda, banyak toko yang menawarkan pakaian muslim, membuat banyaknya pesaingan dalam menjual pakaian muslim yang berdampak pada omset penjualan. Maka Toko UD. Cahaya Muslim di Samarinda perlu meninjau faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian pakaian muslim ditempat tersebut, sehingga dapat mengantisipasi permasalahan yang terjadi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh produk, harga, tempat dan promosi terhadap keputusan pembelian produk pakaian muslim di Toko UD. Cahaya Muslim Samarinda baik secara parsial maupun simultan.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh konsumen yang membeli pakaian muslim di Toko UD. Cahaya Muslim Samarinda. Teknik pengambilan sampel ialah non probability sampling pendekatan purposive sampling dengan jumlah sampel atau responden sebanyak 87 orang dari 111 orang populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket skala Likert dan dokumentasi. Teknik analisa data statistik deskriptif responden, uji asumsi klasik dan regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa produk (t hitung 2,437 > t tabel 1,987) dan harga (t hitung 2,280 > t tabel 1,987) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk pakaian muslim di Toko UD. Cahaya Muslim Samarinda. Sedangkan tempat (t hitung 0,535 < t tabel 1,987) dan promosi (t hitung 0,382 < t tabel 1,987) tidak berpengaruh signifikan. Secara simultan terdapat pengaruh produk, harga, tempat dan promosi terhadap keputusan pembelian produk pakaian muslim di Toko UD. Cahaya Muslim Samarinda (F hitung 25,542 > F tabel 3,95).
Kata Kunci: Produk, Harga, Tempat, Promosi, Keputusan Pembelian.