Efektivitas Metode Problem Solving Pada Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Didink Agustien, 2020. “Efektivitas Metode Problem Solving Pada Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda”. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dra. Etty Nurbayani, M.Pd dan Abdul Razak, M.Pd. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kesenangan siswa pada mata pelajaran matematika, strategi pembelajaran yang kurang tepat dan kurangnya pengembangan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari nilai siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika materi bangun datar dengan persentase hasil belajar yaitu 50% atau 21 siswa dengan nilai tidak tuntas. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar metode problem solving efektif pada hasil belajar matematika kelas IV SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas IV SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda. Desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design, yaitu untuk mengetahui adakah perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dengan menggunakan metode problem solving dan kelas kontrol dengan metode konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Teknik pengujian keabsahan data dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar matematika metode problem solving lebih tinggi daripada nilai hasil belajar matematika metode konvensional. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan nilai rata-rata tes awal kelompok eksperimen adalah 67,52 dan nilai rata-rata tes akhir adalah 81,09 dengan persentase 20%. Sedangkan nilai rata-rata tes awal kelompok kontrol adalah 61,80 dan nilai rata-rata tes akhir adalah 75,09. Hasil uji normalitas pada hasil pretest kelompok eksperimen memiliki taraf signifikansi sebesar 0,409 dan hasil posttest memiliki taraf signifikansi sebesar 0,72. Sedangkan hasil pretest kelompok kontrol memiliki taraf signifikansi sebesar 0,16 dan hasil posttest memiliki taraf signifikansi sebesar 0,594. Hasil rekapitulasi uji homogenitas hasil belajar matematika pada kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,913. Hasil posttest uji independent t-test pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan nilai signifikansi 0,074 > 0,05 atau nilai t hitung yang diperoleh sebesar 5,974 lebih besar dari t tabel sebesar 2,021, maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa metode problem solving efektif digunakan pada mata pelajaran matematika pokok bahasan bangun datar.