dc.description.abstract | ABSTRAK
Zulfaridatun Nasikhah, 2020. “Pengaruh Pembelajaran Microteaching Terhadap Efikasi Diri Mahasiswa Penddikan Guru Madrasah ibtidaiya IAIN Samarinda”, Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Lina Revilla Malik, M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Juhairiah, M.Pd selaku pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi oleh terdapat mahasiswa yang ketika melaksanakan pembelajaran microteaching belum memiliki rasa efikasi diri yang tinggi kebanyakan mahasiswa pendidikan guru madrasah ibtidaiyah (PGMI) ketika melakukan pembelajaran microteaching masih malu-malu dan kurang percaya diri untuk menyampaikan materi yang akan ia bawakan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan guru madrasah ibtidaiyah (PGMI) semester VI yang berjumlah 75 mahasiswa karena seluruh mahasiswa PGMI semester VI memiliki strata yang sedikit, maka peneliti mempertimbangkan untuk mengambil keseluruhan mahasiswa PGMI untuk menjadi responden penelitian dengan jumlaj 75 mahasiswa yang terbagi menjadi 3 kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket.Instrumen angket digunakan untuk memperoleh data dari setiap variabel, hasil dari pengumpulan data tersebut dianalisis dengan menggunakan korelasi ProductMoment, uji T (uji hipotesis), dan koefisien determinasi. Hasil dari penelitian pengaruh pembelajaran microteaching terhadap efikasi diri mahasiswa pendidikan guru madrasah ibtidaiyah (PGMI) IAIN Samarinda menunjukkan hasil analisis data penelitian korelasi sebesar 0,16177. Adapun interpretasi nilai r menunjukkan angka tersebut berada pada skala antara 0,00 – 0,200 yang berarti korelasi antara pembelajaran microteaching terhadap efikasi diri mahasiswa PGMI IAIN Samarinda tidak terdapat pengaruh. Adapun uji T dengan t-hitung sebesar 1,40064. Jika dibandingkan dengan t-tabel maka thitung 1,40064> t-tabel 1,66600 sehingga variabel pembelajaran microteaching tidak terdapat pengaruh terhadap efikasi diri mahasiswa PGMI IAIN Samarinda. Perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 2,616% sedangkan 97,384% dipengarui oleh variabel dari luar.Dalam penelitian ini, peneliti dapat mengetahui bahwa tidak terdapat pengaruh pembelajaran microteaching terhadap efikasi diri mahasiswa.Berdasarkan hasil analisis data peneliti bahwa pengaruh pembelajaran microteaching terhadap efiksi diri mahasiswa PGMI IAIN Samarinda tidakterdapat pengaruh. | en_US |