Show simple item record

dc.contributor.authorMuhammad Kamil Fachrul Rozi, Muhammad Kamil
dc.date.accessioned2021-01-06T02:59:14Z
dc.date.available2021-01-06T02:59:14Z
dc.date.issued2020-10-08
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/876
dc.description.abstractABSTRAK Muhammad Kamil Fachrul Rozi, 2020 “Strategi Marketing Syariah dalam Pengembangan Bisnis Kuliner Pada Usaha PT. Sinar Bogatama Catering di Samarinda” Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah Jurusan Ekonomi Syariah Faklutas Ekonomi dan Bisnis Islam Negeri Samarinda, penelitian ini dibimbing oleh Bapak Mursyid, M.SI dan Ibu Hj. Kokom Komariah, Sp, M.SI Latar belakang penelitian ini adalah bertambahnya jumlah pelaku bisnis pada bisnis katering di Samarinda menyebabkan persaingan yang lebih ketat. Semua pelaku bisnis tentunya ingin mencapai tujuan utamanya yaitu mencari keuntungan dan mengembangkan usahanya. Oleh karena itu, seorang pelaku bisnis harus melakukan strategi Marketing syariah dalam pengembangan yang efektif dan effisien. Marketing Syariah adalah pemasaran spiritual yang memandang bahwa persaingan bukanlah musuh, namun mitra sejajar yang mampu memacu kreativitas dan inovasi perusahaan. Tahapan dalam strategi pengembangan antara lain yaitu memiliki ide usaha, rencana pengembangan usaha dan impelementasi rencana usaha. Selain itu, Strategi pengembangan juga harus sesuai dengan persfektif Islam. Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui Strategi pengembangan yang dilakukan oleh PT Sinar Padang Bogatama Catering untuk mengembangkan bisnisnya dan sesuai dengan persfektif Islam Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dan yang menjadi objek penelitian adalah PT Sinar Padang Bogatama Catering. Teknik pengumpulan data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang dilakukan adalah perpanjangan kehadiran penelitian, meningkatkan ketekunan, dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam Strategi Marketing dalam pengembangan bisnis PT Sinar Padang Bogatama Catering dalam hal ini menyatakan bahwa Marketing yang dilakukan oleh PT Sinar padang bogatama garis besar sesuai teori Marketing Syariah yang meliputi karakteristik marketing syriah, prinsip dan praktik marketing Rasulullah, mengembangkan perusahaannya melakukan beberapa tahapan pengembangan usaha yang mencakup, memiliki ide usaha, rencana pengembangan usaha, implementasi rencana usaha dan pengendalian usaha. Selanjutnya melakukan beberapa jenis pengembangan yang mencakup, pengembangan integrasi vertikal, Strategi Penetrasi Pasar, Strategi pengembangan pasar, Strategi Pengembangan Produk, serta strategi pemasaran yang meliputi produk, tempat/distribusi, harga dan promosi. Dalam hal ini PT Sinar Padang Bogatama Catering tidak hanya fokus pada strategi umum tetapi juga tidak melupakan hal-hal yang diatur oleh agama islam yang sesuai dengan syariah diantaranya: Jujur, Iklhas, Profesional, silaturrahmi, selalu berusaha meningkatkan ilmu dan keterampilan serta menunaikan zakat infaq dan shadaqah. Kata Kunci : Pengembangan Bisnis. Bisnis Cateringen_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectPengembangan Bisnis. Bisnis Cateringen_US
dc.titleStrategi Marketing Syariah dalam Pengembangan Bisnis Kuliner Pada Usaha PT. Sinar Bogatama Catering di Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record