Show simple item record

dc.contributor.authorGilang, Muhammad
dc.date.accessioned2021-01-13T00:52:56Z
dc.date.available2021-01-13T00:52:56Z
dc.date.issued2020-09-18
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/880
dc.description.abstractABSTRAK Muhammad Gilang, 2020 “Strategi Pemasaran Toko Buku Aziz Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Menurut Perspektif Ekonomi Islam.” Skripsi, Jurusan Ekonomi Syari’ah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri IAIN (Samarinda)”. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. H. Romansyah Harul, MSI sebagai pembimbing I dan Dedy Mainata S.E, M.Ag sebagai pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah bisnis pada masa sekarang sudah berkembang pesat terlebih dengan munculnya beragam aktivitas jual beli online. Melihat fenomena tersebut seorang pengusaha akan melakukan berbagai macam cara agar mampu bersaing dengan harga pasar dan memberikan segala kebutuhan pelanggan dengan pelayanan yang maksimal. Oleh karena itu, setiap usaha pasti memiliki strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan dan memenangkan pangsa pasar, begitu juga dengan toko buku. Dalam hal ini, ekonomi Islam memiliki posisi yang sangat strategis, karena ekonomi Islam merupakan salah satu strategi yang didasarkan pada Al-Qur’an dan Hadits. Ekonomi Islam merupakan sebuah disiplin bisnis strategis yang dalam keseluruhan prosesnya sesuai dengan akad serta prinsip-prinsip syariah dan muamalah (bisnis) dalam Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif dan yang menjadi objek penelitian adalah toko buku Aziz. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang dilakukan adalah perpanjangan kehadiran peneliti, meningkatkan ketekunan, dan menggunakan bahan referensi. Hasil yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah strategi pemasaran yang dilakukan toko buku Aziz adalah dengan mengikuti perkembangan zaman yang ada. Pada masa sekarang toko buku Aziz sudah memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Whatsapp dalam memasarkan produknya tersebut. Dalam menghadapi persaingan dibidang usaha yang sama toko buku Aziz menggunakan strategi bauran pemasaran (marketing mix) 7P yaitu product, price, promotion, place, people, process, physical edivence. Selain itu, dalam menjalankan bisnisnya sesuai dengan karaketistik marketing syari’ah di antaranya yaitu, ketuhanan (rabbaniyah), etis (akhlaqiyyah), teitis (al-waqi’iyyah), humanistis (insaniyah). Hal ini berpotensi dalam meningkatkan penjualan dan memenangkan pangsa pasar.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectStrategi, Pemasaranen_US
dc.titleStrategi Pemasaran Toko Buku Aziz Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Menurut Perspektif Ekonomi Islamen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record