Pengaruh Harga, Promosi, dan Pelayanan terhadap Keputusan Masyarakat memilih PT. Alwan Zahira Sebagai Travel Umroh Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Munif Mubaroq, 2020.”Pengaruh Harga, Promosi, dan Pelayanan terhadap Keputusan Masyarakat memilih PT. Alwan Zahira Sebagai Travel Umroh Samarinda”. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Hj. Norvadewi, M.Ag dan Irma Yuliani, SE. M.Si. Semakin ramainya bisnis Travel umroh di Indonesia bahkan di Samarinda, perusahaan harus dapat menetukan stratetgi pemasarab yang tepat agar dapat bersaing. Semakin banyak pesaing, semakin panyak pula pilihan bagi konsumen untuk dapat memilih suatu produk sesuai dengan keingingannya. Akibatnya adalah konsumen akan menjadi lebih pandai dalam memilah-milah dalam menggunakan setiap produk. Dengan demikian, PT.Alwan Zahira Samarinda melakukan banyak upaya untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan, serta harga dalam peningkatan yang dilakukan. Dengan demikian, penelitian ini mengangkat masalah harga, promosi, dan pelayan. Tujuan dalam penelitian memfokuskan pada empat rumusan masalah. Pertama, peneliti bertujuan untuk mengetahui hubungan harga terhadap keputusan masyarakat memilih PT. Alwan Zahira Samarinda. Kedua, hubungan promosi dengan kuputusan masyarakat keputusan masyarakat memilih PT. Alwan Zahira Samarinda. Ketiga, hubungan promosi dengan keputusan masyarakat memilih PT. Alwan Zahira Samarinda. Ke empat, mengetahui apakah harga, promosi, dan pelayanan berpengaruh secara bersamaan terhadap keputusan masyarakat memilih PT. Alwan Zahira Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik Insidental sampling digunakan untuk pengambilan sampel, dengan jumlah awal 149 orang yang sudah terdata sehingga sampel penelitian jika dihitung menggunakan rumus slovin yaitu sebanyak 60 responden yang telah menggunakan jasa PT. Alwan Zahira Samarinda. Jenis data ini merupakan data panel karena meneliti periode waktu bulan Agustus-Desember 2019. Metode yang dilakukan untuk mengalisis data yaitu populasi yang terdiri atas objek dan subjek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang sudah peneliti tetapkan. Setelah di analisis dari segala sesuatu yang ada dilapangan, kemudian di tarik kesimpulan. Hasil penelitian Insidental sampling dapat disimpulkan bahwa harga berpengaruh positif secara signifikan dengan nilai signifikan sebesar 0,00 dan promosi berpengaruh positif secara signifikan dengan nilai signifikan sebesar 0,02 dan pelayanan berpengaruh positif secara signifikan dengan nilai signifikan sebesar 0,02. Hasil dalam Penelitain ini dilihat bahwa harga, promosi, dan pelayanan secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap masyarakat. Berdasarkan uji F (Simultan) menunjukan nilai Fhitung sebesar 35,904 karena nilai ini lebih besar dari Ftabel sebesar 2,77 dengan signifikan 0,00 dan itu lebih kecil dari 0,05.