Pembinaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 006 Kecamatan Samarinda Kota
Abstract
ABSTRAK Yuliana, 1311060047, 2020. “Pembinaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 006 Kecamatan Samarinda Kota”. Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Fathul Jannah, M. Si, dan Imroatul Musfiroh, M. Pd. I. Latar belakang penelitian ini adalah bertujuan untuk mendapatkan gambaran umum tentang pembinaan penguatan pendidikan karakter (PPK) di Sekolah Dasar Negeri 006 Kecamatan Samarinda Kota. Baik kegiatan pembelajaran yang dilakukan di kelas maupun kegiatan ekstrakurikuler yang berpedomkan pada Silabus dan RPP dengan melakukan pembiasaan-pembiasaan secra konsisten dan kontinyu yang diharapkan kelak anak didik menjadi insan yang bertanggung jawab, mandiri, kratif, berbudi pekerti yang baik. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif karena peneliti bermaksud mendeskripsikan, menguraikan dan menggambarkan pelaksanaan pendidikan karakter dalam batas kata-kata atau kalimat sehingga data yang diperoleh akan terlihat jelas keadaan di lapangan yang sebenarnya mengenai pelaksanaan pendidikan karakater di Sekolaah Dasar Negeri (SDN) 006 kecamatan Samarinda Kota dan menggambarkan secara garis besar tentang pembinaan penguatan pendidikan karakter (PPK) terhadap peserta didik di Sekolaah Dasar Negeri (SDN) 006 kecamatan Samarinda Kota. Hasil penelitian penerapan kebijakan, atau inovasi yang dilakukan secara sadar, berencana, teratur, dan terarah yang dilakukan untuk meningkatkan sikap dan keterampilan anak didik untuk mencapai suatu tujuan sebagai mana yang telah dituangkan dalam program penguatan pendidikan karakter (PPK) melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan berpedoman pada RPP dan Silabus dapat diterapkan dengan baik dengan melibatkan seluruh guru-guru dan semua peserta didik yang ada di Sekolah Dasar Negeri 006 Kecamatan Samarinda Kota. Dilakukan oleh guru disekolah meliputi: Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong Royong. upaya yang dilakukan oleh guru dalam pembinaan pendidikan karakter merupakan suatu proses usaha yang dilakukan secara terus-menerus yang melibatkan aspek-aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik tujuannya agar menjadi manusia yang memiliki karakter yang baik. Karakter yang baik dapat diartikan melakukan tindakantindakan yang benar dalam kehidupan, baik terhadap diri sendiri maupun orang lain. Memiliki pribadi yang bertanggung jawab, solidaritas, toleransi, kreatif, bijaksana, dan mandiri.