dc.description.abstract | ABSTRAK
Shirly Amalia Munawarah, 2020, “Implementasi Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDIT Cordova Samarinda”. Skripsi program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Suratman, M.Pd sebagai pembimbing I dan Juhairiah, M.Pd sebagai pembimbing II. Latar belakang permasalahan yang sering terjadi kurangnya penerapan media pada mata pelajaran bahasa Indonesia, sehingga saat pembelajaran berlangsung rata-rata siswa tidak memperhatikan guru dan tidak terlalu bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Di SDIT Cordova, guru melaksanakan mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menerapkan media audio visual saat KBM. Penerapan media audio visual yang dilakukan karena media audio visual sangat membantu guru dalam menyampaikan materi ajar dengan mudah serta dapat mengefektifkan pembelajaran serta mampu membuat proses pembelajaran menjadi menyenangkan dan tidak terlihat monoton. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Implementasi Media Audio Visual dan faktor pendukung serta penghambat di SDIT Cordova Samarinda. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari orangorang atau perilaku yang diamati. Subjek penelitian adalah wakil kepala sekolah dan guru kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi media audio visual dilakukan dengan cara guru mempersiapkan media audio visual berupa video yang sesuai dengan materi pelajaran cerita dongeng yang diambil dari youtube, guru meletakkan media pada posisi yang dapat dilihat seluruh siswa, guru memberikan penjelasan mengenai kegiatan yang akan dilakukan, membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk melatih kerjasama siswa, menanyangkan video pelajaran dan memberikan pengarahan kepada siswa untuk dapat merangkum pokok-pokok pembahasan pada cerita. Pada akhir pembelajaran guru melakukan evaluasi melalui lembar tugas, tanya jawab dan presentasi kelompok didepan kelas. Faktor pendukung implementasi media audio visual Indonesia adalah kelengkapan sarana dan prasarana seperti LCD, proyektor, video, materi ajar, papan tulis dan film edukasi serta dukungan pihak sekolah. Faktor penghambat saat menggunakan media audio visual adalah listrik padam, jaringan, LCD yang tidak mendukung dengan leptop guru, dan guru yang tidak bisa menyambungkan LCD dengan laptop sehingga memanngil guru lainnya. | en_US |