Pengaruh Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Tematik Terhadap Kreativitas Belajar Siswa di Masa Pandemi dikelas V SD Muhammadiyah 1 Samarinda
Abstract
ABSTRAK Aminatul Lutfia, 2020. “Pengaruh Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Tematik Terhadap Kreativitas Belajar Siswa di Masa Pandemi dikelas V SD Muhammadiyah 1 Samarinda”, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Lina Revilla Malik M.Si, selaku pembimbing I dan Bapak Abdul Razak, M.Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah dimasa pandemi pembelajaran dilaksanakan secara online bermediakan teknologi memiliki banyak keterbatasan baik waktu, cakupan materi, interaksi kurang efektif hingga konsentrasi serta kreativitas belajar siswa sebab lebih berfokus pada penugasan. Selama pandemi SD Muhammadiyah 1 Samarinda menerapkan pembelajaran online dengan menggunakan beberapa aplikasi pendukung seperti google form¸ zoom cloud meeting¸whattsapp dan youtube. Dalam penerapan pendekatan saintifik guru dapat membangun keaktifan siswa untuk bertanya, menumbuhkan penalaran, mengkomunikasikan baik tugas ataupun materi hingga memperkuat daya ingat dan berpikir kreatif siswa. Melalui berbagai tahapan dalam pendekataan saintifik akan membantu mereka untuk mengeksplorasi dan menemukan potensi belajarnya selama kegiatan belajar dari rumah (BDR). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik terhadap kreativitas belajar siswa di masa pandemi di Kelas V SD Muhamamdiyah 1 Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Samarinda berjumlah 146 dan sampel berjumlah 47 siswa Kelas V C dan V D yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, angket, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan korelasi Product Moment, uji t, dan koefisien determinansi. Berdasarkan hasil perhitungan analisis product moment yang diperoleh yaitu 0,577 yang berada diantara skala interpretasi 0,400-0,700 yang berarti korelasi antara Pendekatan Saintifik terhadap Kreativitas Belajar Siswa di Masa Pandemi tergolong sedang atau cukup kuat. Sedangkan untuk sumbangan determinasi pendekatan saintifik terhadap kreativitas belajar siswa sebesar 33,29% dan sisanya 66,71% di pengaruhi oleh variabel lainnya. Selanjutnya berdasarkan hasil perhitungan analisis uji t dengan taraf signifikan 5% diperoleh thitung sebesar 4.73833 sedangkan nilai ttabel 1.67943. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik terhadap kreativitas belajar siswa di masa pandemi di kelas V SD Muhammadiyah 1 Samarinda.