dc.description.abstract | ABSTRAK
Puji Rahayu Prahartini, 2020 “ Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al Muna Samarinda.”, Program Studi Pendidkan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Samarinda (IAIN)Samarinda. Peneliti Ini dibimbing oleh Bapak Dr.Suratman M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Rumainur, M.Pd.I selaku pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi Setelah Guru sering kali menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw proses belajar mengajar menjadi lebih baik. Siswa yang kaku dan bingung sudah mulai terbiasa menggunkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan siswa mulai aktif dan bekerjasama dalam pembelajaran. Tujuan dari peneliti ini yaitu untuk mengetahui Apakah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berpengaruh dalam meningkatkan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas IV di MI Al Muna Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.Statistik Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al Muna Samarinda. Yang berjumlah 45 siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan penelitian populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk memperoleh gambaran nyata suatu pristiwa atau kejadian di tempat pristiwa, angket digunakan untuk memperoleh data dari setiap variabel. Dokumentasi digunakan untuk mengunpulkan data dan menguatkan data penelitian, hasil dari pengumpulan data tersebut di analisis dengan menggunakan uji Normalitas, uji Linieritas, korelasi Product Moment, uji T ( Uji Hipotesis) dan koefisien determinasi. Hasil dari penelitian Pengaruh Model Pembelajarann Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al Muna Samarinda menunjukkan hasil analisis data penelitian . Berdasarkan hasil uji normalitas diketahui nilai signifikasi 0,124 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa nilai residual berdistribusi normal. Berdasarkan hasil Uji Linieritas diketahui nilai probabilitas 0,22 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa hubungan antara variabel X dan Y linier. Hasil korelasi Product Moment hal ini dibuktikan dengan sebesar 0,892, yang berdasarkan tabel interprestasi nilai r menunjukkan angka tersebut berada pada skala antara 0,700 – 0,900 yang berarti korelasi antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al – Muna Samarinda tergolong kuat. Adapun berdasarkan hasil perhitungan analisis uji t dengan taraf signifikan 5% diperoleh thitung sebesar 12,35351 sedangkan nilai t tabel 1,68288. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al Muna Samarinda. Sedangkan untuk determinasi model pembelajaran kooperaif tipe jigsaw terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas IV sebesar 79,56 % dan sisanya 20,44% dipengaruhi oleh variabel lain. | en_US |