Show simple item record

dc.contributor.authorHusyaini, Fahri
dc.date.accessioned2021-03-19T03:06:21Z
dc.date.available2021-03-19T03:06:21Z
dc.date.issued2019-07-30
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/932
dc.description.abstractABSTRAK Fahri husyaini, “pengaruh ketersediaan sarana prasarana terhadap prestasi belajar siswa di MTS Labbaika Samarinda Sebrang. Skripsi Jurusan Manajemen Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Daan Ilmu Keguruan Institusi Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini di bimbing oleh Bapak Dr. Zamroni, M.Pd dan Ibu Ishmatul Maula. M. Pd, Penelitian dilatar belakangi oleh keingintahuan seberapa penting sarana prasarana dalam dunia pendidikan. Sarana prasarana juga merupakan organ vital dan hal yang sangat penting dalam menunjang kelancaran atau kemudahan proses pembelajaran.Mts Labbaika Samarinda Sebrang merupakan salah satu lembaga yang banyak diminati oleh masyarakat kalangangan menengah,dengan alasan sekolah memiliki keunggulan pemenuhan fasilitas yang lengkap, pihak sekolahpun menuntut agar siswa memliki kemampuan intelektualitas lebih, agar nantinya dapat bersaing dalam masyarakat yang lebih luas. . Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII dengan berjumlah 216 siswa. Teknik sampling menggunakan rumus Slovin sebanyak 68 siswa terdiri dari siswa kelas VIII A sampai dengan VIII F. Dengan teknik pengambilan sampel setiap kelas 11 siswa menggunakan Proposive Random Sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, wawancara dan dokumentasi,Sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus Product Moment. Dari data yang telah dikumpulkan, diperoleh analisis sebagai berikut: 1) sarana prasarana di Mts Labbaika Samarinda Sebrang dikatagorikan cukup baik. Berdasarkan hasil analisis data yang menghasilkan t hitung sebesar 4, 6456 > 1,658 artinya ada pengaruh yang signifikan dari sarana prasarana terhadap prestasi belajar siswa di Mts Labaika Samarinda. Maka hipotesis alternatif (Ha) dinyatakan diterima. 2) Prestasi belajar siswa di Mts Labbaika Samarinda Sebrang dikatagorikan cukup baik, karena melihat dari nilai rapot siswa di sekolah ini mendapatkan nilai diatas rata-rata. 3) Ada pengaruh yang cukup signifikan antara sarana prasarana terhadap prestasi belajar. Sesuai hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh ketersediaan sarana prasarana terhadap prestasi belajar siswa di Mts Labbaika Samarinda Sebrang berada pada kisaran nilai 0,496 bila di intrepestasikan kedalam nilai interpretasi, angka tersbut terletak diantara 0,40 sampai dengan 0,599 dikatakan cukup baik. Kontribusi angka sebesar 25% sedangkan 75% sisanya di pengaruhi oleh variabel lainnya. Jadi dengan demikian pengaruh ketersediaan sarana prasana terhadap prestasi belajar siswa di Mts Labbaika Samarinda Sebrang dapat dikatakan“ Signifikan.’’en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectPengaruh, Sarana Prasarana, Prestasi,Belajaren_US
dc.titlePengaruh Ketersediaan Sarana Prasarana Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MTS Labbaika Samarinda Sebrangen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record