Show simple item record

dc.contributor.authorSaid, Hasnah
dc.date.accessioned2021-04-07T01:28:22Z
dc.date.available2021-04-07T01:28:22Z
dc.date.issued2021-03-24
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/946
dc.description.abstractABSTRAK Hasnah Said, 2021. “Implementasi Manajemen Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Samarinda. Skripsi, Prodi Manajemen Pendidikan Islam Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Samarinda”. Bimbingan Bapak Dr. Muhammad Nasir, M.Ag selaku pembimbing I dan Bapak Dr. Suratman, M.Pd selaku pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah manajemen peserta didik merupakan salah satu komponen yang terpenting dalam pendidikan dan memiliki peran utama dalam menentukan keberhasilan suatu pendidikan, sehingga apabila manajemen peserta didik berjalan dengan baik, maka secara otomatis juga akan menghasilkan mutu pendidikan yang lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi manajemen peserta didik di MAN 1 Samarinda. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif dan pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi, wawancara dengan kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, wakil kepala madrasah bidang kesiswaan, kepala staf tata usaha, dan peserta didik serta dokumentasi. Analisis yang digunakan analisis deskriptif sebagai penyajian datanya. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa a) Analisis kebutuhan peserta didik dilakukan dengan melakukan rapat bersama untuk menentukan jumlah peserta didik yang akan diterima, menentukan jumlah kelas yang tersedia, dan menentukan jumlah guru yang mengajar, serta menentukan jalur penerimaannya. b) Rekruitmen peserta didik dilakukan dengan membentuk panitia penerimaan calon peserta didik baru, serta pemasangan dan pembuatan pengumuman penerimaan secara terbuka. c) Seleksi peserta didik dilakukan dengan beberapa tahap, tahap pertama yaitu tes BTQ, tes pengetahuan keislaman, praktik shalat atau bacaan shalat, dan wawancara, tahap kedua melalui nilai raport dan prestasi akademik, tahap ketiga melalui nilai ujian baik UN, UAMBN maupun UNBK yang ada pada ijazah. d) Orientasi yang dilakukan di MAN 1 Samarinda dinamakan sebagai kegiatan Matsama (Masa ta’aruf siswa madrasah) yang dilakukan selama tiga hari untuk memperkenalkan lingkungan sekolah kepada peserta didik baru. e) Penempatan peserta didik (pembagian kelas) dilakukan dengan beberapa tahap yaitu berdasarkan nilai raport, berdasarkan prestasi yang pernah diraih, tes kemampuan dasar, dan survey jurusan, pengelompokkan ini juga berdasarkan kemampuan dan minat peserta didik. f) Pembinaan dan pengembangan peserta didik, dalam kegiatan ini sekolah melakukan pembinaan disiplin, kegiatan ekstrakurikuler, bimbingan dan konseling, serta memberikan layanan khusus kepada para peserta didik. g) Pencatatan dan pelaporan dilakukan dengan beberapa peralatan yaitu buku induk, buku klapper, daftar presensi, daftar mutasi, buku catatan pribadi, daftar nilai, buku lengger dan raport. h) Kelulusan dan alumni, terdapat dua syarat peserta didik dapat dinyatakaan lulus yaitu dengan megikuti seluruh kegiatan pembelajaran dari semester 1-6 dan mengikuti seluruh tahap ujian akhir, sekolah pun juga memiliki ikatan alumni.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectImplementasi, Manajemen, Peserta Didiken_US
dc.titleImplementasi Manajemen Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record