View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • E-Skripsi - Ekonomi Syariah
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • E-Skripsi - Ekonomi Syariah
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Strategi Pengusaha Warung Makan Dalam Mempertahankan Bisnis Menurut Prinsip Syariah (Studi Pada Yen’s Delight Coffe Pastry&Resto)

Thumbnail
View/Open
Nor Laila.docx (16.06Kb)
Date
2021-11-04
Author
Laila, Nor
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Nor Laila, 2021. “Strategi Pengusaha Warung Makan Dalam Mempertahankan Bisnis Menurut Prinsip Syariah (Studi Pada Yen’s Delight Coffe Pastry&Resto)”. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Darmawati M.Hum dan Ibu Angrum Pratiwi S.E.I, M.E.I. Warung makan di Samarinda tergolong banyak dan memiliki ciri khas masing-masing, dengan menyediakan berbagai macam jenis makanan. Tapi yang memperhatikan label halal pada makanan yang dijual masih sangat minim. Warung makan yang memperhatikan kehalalannya adalah Yen’s Delight Coffe Pastry&Resto, selain menjamin kualitas makanan mereka juga menjamin kebaikan dan kehalalan. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui strategi pengusaha warung makan yang di terapkan di Yen’s Delight Coffe Pastry & Resto di samarinda dan Mengetahui strategi pengusaha dalam mempertahankan bisnis warung makan yang di terapkan di Yen’s Delight Coffe Pastry & Resto Samarinda yang di kaitkan dengan prinsip-prinsip syariah. Jenis penelitian yang digunakan adalah peneltian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada manajer dan straf Yen’s Delight Coffe Pastry&Resto. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan menggambarkan dan mengklasifikasi fakta dari fenomena yang ada secara cermat dan tidak mengandalkan bukti logika matematis, prinsip angka atau metode statistik. Berdasarkan hasil penelitian dan observasi ditemukan bahwa manajer dan staf Yen’s Delight Coffe Pastry&Resto memiliki strategi mempertahankan bisnis sesuai dengan prinsip syariah yaitu tidak memiliki kesulitan modal karena mereka memiliki usaha sampingan yaitu usaha bangunan, menghindari rasa takut terhadap kegagalan karena kegagalan merupakan langkah awal dari keberhasilan, menghilangkan rasa tidak percaya diri karena mereka percaya terhadap keunikan dah ciri khas yang dimiliki yaitu makanan jepang. Mengatasi kesulitan pemasaran dengan cara mempromosikan melalui sosial media. Dalam prinsip syariah Yen’s Delight Coffe Pastry&Resto telah menerapkannya yaitu melakukan infak tiap bulan, keadilan dengan menyamaratakan semua pelanggan, mereka bertanggung jawab terhadap pelayanan yang diberikan, bebas unsur riba dengan cara tidak meminjam modal di lembaga keungan dan promosi dengan konsisten memanfaatkan sosial media.
URI
http://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/1086
Collections
  • E-Skripsi - Ekonomi Syariah [386]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV