Pengaruh Kemudahan Berbelanja Online, Online Customer Review dan Persepsi Maslahah Terhadap Keputusan Berbelanja Online (Studi Kasus Mahasiswa IAIN dan UMKT Samarinda)
Abstract
ABSTRAK
Rogaina, 2021, “Pengaruh Kemudahan Berbelanja Online, Online Customer Review dan Persepsi Maslahah Terhadap Keputusan Berbelanja Online (Studi Kasus Mahasiswa IAIN dan UMKT Samarinda). Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Tikawati, S.E.,M.Si dan Anwaril Hamidy, M.Pd.
Berbelanja online adalah aktivitas pembelian barang atau jasa melalui internet. Mahasiswa dengan internet pada penggunaannya tidak bisa dipisahkan, partisipasi mahasiswa pada penggunaan internet membuat mahasiswa memanfaatkan aneka fasilitas yang disediakan internet termasuk dalam hal berbelanja. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kemudahan berbelanja online, online customer review dan persepsi maslahah terhadap keputusan berbelanja online di kalangan mahasiswa IAIN dan UMKT Samarinda.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan secara online. Dalam pengambilan sampel, penelitian ini menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10% sehingga jumlah sampel didapat adalah 99 dari masing-masing perguruan tinggi. Dengan analisis regresi berganda menggunakan SPSS versi 23 untuk membuktikan hipotesis penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kemudahan berbelanja secara parsial berpengaruh terhadap keputusan berbelanja online dengan nilai thitung sebesar 5,168 > 1,972. Variabel online customer review berpengaruh terhadap keputusan berbelanja online dengan nilai thitung > ttabel (6,589 > 1,972) dan persepsi maslahah dengan nilai thitung sebesar 9,331 yang berarti seluruh variabel independen berpengaruh terhadap keputusan berbelanja online. Kemudahan berbelanja, online customer review dan persepsi maslahah secara simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berbelanja online karena tingkat signifikan ketiga variabel sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung sebesar 187,146 > Ftabel 2,65. Nilai R square sebesar 0,743 yang menunjukkan bahwa kemudahan berbelanja, online customer review dan persepsi maslahah berpengaruh sebesar 74,3% terhadap variabel dependen, sedangkan sisanya 25,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Variabel paling dominan dalam adalah persepsi maslahah dikarenakan tujuan dari berbelanja online oleh mahasiswa IAIN dan UMKT Samarinda tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan, namun juga untuk mencapai maslahah.
Kata kunci: kemudahan berbelanja online, online customer review, persepsi
maslahah, keputusan bebelanja online
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Online Customer Rating dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda)
Masli, Azizah Aidina (UINSI Samarinda, 2021-11-02)ABSTRAK Azizah Aidina Masli, 2021. (Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Online Customer Rating dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Islam Negeri ... -
Pengaruh Game Online Terhadap Perilaku Sosial Siswa MI Ma’arif NU 003 Samarinda
Umami, Liza Dwi (IAIN Samarinda, 2020-10-09)ABSTRAK Liza Dwi Umami, 2020. “Pengaruh Game Online Terhadap Perilaku Sosial Siswa MI Ma’arif NU 003 Samarinda”. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ... -
PERSEPSI ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI PADA PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19
Aisyah; Salehudin, Mohammad; Yatun, Sri; Komariah, Denok Lailatin; Aminda, Nur Eka Rizky; Hidayati, Pratiwi; Latifah, Nur (PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini - P-ISSN: 2599-0438; E-ISSN: 2599-042X, 2021-02)ABSTRAK: Tujuan penelitian untuk mengetahui persepsi orang tua dalam pendidikan karakter anak usia dini pada pembelajaran online di masa pandemi covid-19. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ...