Show simple item record

dc.contributor.authorRogaina
dc.date.accessioned2022-02-04T02:01:54Z
dc.date.available2022-02-04T02:01:54Z
dc.date.issued2021-10-26
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/1202
dc.description.abstractABSTRAK Rogaina, 2021, “Pengaruh Kemudahan Berbelanja Online, Online Customer Review dan Persepsi Maslahah Terhadap Keputusan Berbelanja Online (Studi Kasus Mahasiswa IAIN dan UMKT Samarinda). Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Tikawati, S.E.,M.Si dan Anwaril Hamidy, M.Pd. Berbelanja online adalah aktivitas pembelian barang atau jasa melalui internet. Mahasiswa dengan internet pada penggunaannya tidak bisa dipisahkan, partisipasi mahasiswa pada penggunaan internet membuat mahasiswa memanfaatkan aneka fasilitas yang disediakan internet termasuk dalam hal berbelanja. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kemudahan berbelanja online, online customer review dan persepsi maslahah terhadap keputusan berbelanja online di kalangan mahasiswa IAIN dan UMKT Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan secara online. Dalam pengambilan sampel, penelitian ini menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10% sehingga jumlah sampel didapat adalah 99 dari masing-masing perguruan tinggi. Dengan analisis regresi berganda menggunakan SPSS versi 23 untuk membuktikan hipotesis penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kemudahan berbelanja secara parsial berpengaruh terhadap keputusan berbelanja online dengan nilai thitung sebesar 5,168 > 1,972. Variabel online customer review berpengaruh terhadap keputusan berbelanja online dengan nilai thitung > ttabel (6,589 > 1,972) dan persepsi maslahah dengan nilai thitung sebesar 9,331 yang berarti seluruh variabel independen berpengaruh terhadap keputusan berbelanja online. Kemudahan berbelanja, online customer review dan persepsi maslahah secara simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berbelanja online karena tingkat signifikan ketiga variabel sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung sebesar 187,146 > Ftabel 2,65. Nilai R square sebesar 0,743 yang menunjukkan bahwa kemudahan berbelanja, online customer review dan persepsi maslahah berpengaruh sebesar 74,3% terhadap variabel dependen, sedangkan sisanya 25,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Variabel paling dominan dalam adalah persepsi maslahah dikarenakan tujuan dari berbelanja online oleh mahasiswa IAIN dan UMKT Samarinda tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan, namun juga untuk mencapai maslahah. Kata kunci: kemudahan berbelanja online, online customer review, persepsi maslahah, keputusan bebelanja onlineen_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectkemudahan berbelanja online, online customer review, persepsi maslahah, keputusan bebelanja onlineen_US
dc.titlePengaruh Kemudahan Berbelanja Online, Online Customer Review dan Persepsi Maslahah Terhadap Keputusan Berbelanja Online (Studi Kasus Mahasiswa IAIN dan UMKT Samarinda)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record