View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • E-Skripsi - Ekonomi Syariah
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • E-Skripsi - Ekonomi Syariah
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Laundry (Studi Kasus Pada Rumah Laundry di Kecamatan Muara Badak)

Thumbnail
View/Open
Muthia An’nisa Arsyad Sabil.docx (16.82Kb)
Date
2022-03-18
Author
Arsyad Sabil, Muthia An’nisa
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Muthia An’nisa Arsyad Sabil, 2022. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Laundry (Studi Kasus Pada Rumah Laundry di Kecamatan Muara Badak)”. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Muhammad Iswadi, M.SI dan Kokom Komariah, SP. M,Si. Keberadaan usaha Laundry merupakan salah satu bentuk kegiatan bisnis yang dilakukan oleh pelaku usaha. Perkembangan masyarakat yang semakin modern dan berpikir praktis beserta macam pakaian yang semakin berkembang dengan kualitas dan bahan yang semakin baik tentunya memicu jenis usaha Laundry yang semakin maju. Sehingga usaha Laundry berkembang dimana-mana baik dari skala kecil hingga skala besar. Tujuan dari penelitian ini utuk mnegetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Responden dalam penelitian ini ialah Pelanggan Rumah Laundry di Kecamatan Muara Badak. Teknik pengambilan sempel ialah Random Sampling dengan jumlah sampel 33 dari 186 populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, kuisioner (Google Form), dan wawancara. Teknik analisis data uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dari hasil uji T (parsial) diketahui bahwa kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah Laundry di Kecamatan Muara Badak dengan nilai signifikan pada variabel kualitas pelayanan adalah0,002< 0,05 dan nilai T hitung sebesar 3,330 > 2,042, sedangkan pada variabel harga berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah Laundry di Kecamatan Muara Badak dengan nilai signifikan pada variabel harga sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai Thitung sebesar 11,304 >2,042. Secara simultan menunjukkan nilai F hitung sebesar 77,739 nilai ini lebih besar dari F tabel sebesar 4,17 dengan signifikan 0,000 karena nilai lebih kecil dari 0,05 maka kualitas pelyanan dan harga berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah Laundry di Kecamatan Muara Badak dengan hasil nilai koefisien determinasi sebesar 0,764% dan sisianya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Harga dan Kepuasan Pelanggan
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1498
Collections
  • E-Skripsi - Ekonomi Syariah [385]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV