Show simple item record

dc.contributor.authorArsyad Sabil, Muthia An’nisa
dc.date.accessioned2022-07-22T06:57:11Z
dc.date.available2022-07-22T06:57:11Z
dc.date.issued2022-03-18
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1498
dc.description.abstractABSTRAK Muthia An’nisa Arsyad Sabil, 2022. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Laundry (Studi Kasus Pada Rumah Laundry di Kecamatan Muara Badak)”. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Muhammad Iswadi, M.SI dan Kokom Komariah, SP. M,Si. Keberadaan usaha Laundry merupakan salah satu bentuk kegiatan bisnis yang dilakukan oleh pelaku usaha. Perkembangan masyarakat yang semakin modern dan berpikir praktis beserta macam pakaian yang semakin berkembang dengan kualitas dan bahan yang semakin baik tentunya memicu jenis usaha Laundry yang semakin maju. Sehingga usaha Laundry berkembang dimana-mana baik dari skala kecil hingga skala besar. Tujuan dari penelitian ini utuk mnegetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Responden dalam penelitian ini ialah Pelanggan Rumah Laundry di Kecamatan Muara Badak. Teknik pengambilan sempel ialah Random Sampling dengan jumlah sampel 33 dari 186 populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, kuisioner (Google Form), dan wawancara. Teknik analisis data uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dari hasil uji T (parsial) diketahui bahwa kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah Laundry di Kecamatan Muara Badak dengan nilai signifikan pada variabel kualitas pelayanan adalah0,002< 0,05 dan nilai T hitung sebesar 3,330 > 2,042, sedangkan pada variabel harga berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah Laundry di Kecamatan Muara Badak dengan nilai signifikan pada variabel harga sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai Thitung sebesar 11,304 >2,042. Secara simultan menunjukkan nilai F hitung sebesar 77,739 nilai ini lebih besar dari F tabel sebesar 4,17 dengan signifikan 0,000 karena nilai lebih kecil dari 0,05 maka kualitas pelyanan dan harga berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah Laundry di Kecamatan Muara Badak dengan hasil nilai koefisien determinasi sebesar 0,764% dan sisianya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Harga dan Kepuasan Pelangganen_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectKualitas Pelayanan, Harga dan Kepuasan Pelangganen_US
dc.titlePengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Laundry (Studi Kasus Pada Rumah Laundry di Kecamatan Muara Badak)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record