Efektifitas Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Zumrotul Khasanah, 2018. “Efektifitas Bimbingan Belajar Terhadap Hasil
Belajar Matematika Siswa Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2
Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Madrasah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini
dibimbing oleh Muhammad Iwan Abdi, M.Si sebagai pembimbing I dan Abdul
Razak, M.Pd sebagai pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi dengan melihat proses pelaksanaan
bimbingan belajar yang dilakukan terhadap hasil belajar matematika siswa.
Adanya kegiatan bimbingan belajar ini untuk memberikan perubahan kepada
siswa sehingga lebih giat dalam belajar dan lebih memahami pembelajaran yang
dilakukan. Dalam bimbingan ini sesuai dengan kebutuhan siswa guna mencapai
hasil belajar yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh
mana bimbingan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di
Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan
mengambil objek penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda. Dengan
jumlah populasi sebanyak 116 dan sampel sebanyak 20 responden. Pengumpulan
data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, test dan dokumentasi.
Hasil tersebut kemudian dianalisis, yakni peneliti melakukan observasi ke sekolah
untuk melihat kegiatan bimbingan belajar yang dilakukan. Kemudian tes
digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar matematika siswa.
Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mendukung dalam proses
penelitian. Setelah itu peneliti menarik kesimpulan dari bimbingan belajar
terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2
Samarinda.
Hasil penelitian setelah menggunakan berbagai metode diatas, peneliti
menggunakan uji test t sebagai hasil utama dari penelitian yang dilakukan.
Kemudian data dianalisis dan akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat
efektifitas bimbingan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di
Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda. Hasil perhitungan yang dilakukan pada
taraf signifikasinya 5% menunjukkan bahwa thitung > ttabel, hasil yang diperoleh
thitung (2,39) > ttabel (2,09). Dengan demikian hipotesis nol ditolak dan hipotesis
alternatif diterima. Sehingga dari hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan
bahwa terdapat efektifitas bimbingan belajar terhadap hasil belajar matematika
siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda.a