View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Efektifitas Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda

Thumbnail
View/Open
Zumrotul Khasanah.docx (14.65Kb)
Date
2018-08-23
Author
Khasanah, Zumrotul
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Zumrotul Khasanah, 2018. “Efektifitas Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Madrasah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Muhammad Iwan Abdi, M.Si sebagai pembimbing I dan Abdul Razak, M.Pd sebagai pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi dengan melihat proses pelaksanaan bimbingan belajar yang dilakukan terhadap hasil belajar matematika siswa. Adanya kegiatan bimbingan belajar ini untuk memberikan perubahan kepada siswa sehingga lebih giat dalam belajar dan lebih memahami pembelajaran yang dilakukan. Dalam bimbingan ini sesuai dengan kebutuhan siswa guna mencapai hasil belajar yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana bimbingan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan mengambil objek penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda. Dengan jumlah populasi sebanyak 116 dan sampel sebanyak 20 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, test dan dokumentasi. Hasil tersebut kemudian dianalisis, yakni peneliti melakukan observasi ke sekolah untuk melihat kegiatan bimbingan belajar yang dilakukan. Kemudian tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar matematika siswa. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mendukung dalam proses penelitian. Setelah itu peneliti menarik kesimpulan dari bimbingan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda. Hasil penelitian setelah menggunakan berbagai metode diatas, peneliti menggunakan uji test t sebagai hasil utama dari penelitian yang dilakukan. Kemudian data dianalisis dan akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat efektifitas bimbingan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda. Hasil perhitungan yang dilakukan pada taraf signifikasinya 5% menunjukkan bahwa thitung > ttabel, hasil yang diperoleh thitung (2,39) > ttabel (2,09). Dengan demikian hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Sehingga dari hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat efektifitas bimbingan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda.a
URI
http://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/199
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah [234]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV