Show simple item record

dc.contributor.authorKhasanah, Zumrotul
dc.date.accessioned2020-03-25T05:42:39Z
dc.date.available2020-03-25T05:42:39Z
dc.date.issued2018-08-23
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/199
dc.description.abstractABSTRAK Zumrotul Khasanah, 2018. “Efektifitas Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Madrasah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Muhammad Iwan Abdi, M.Si sebagai pembimbing I dan Abdul Razak, M.Pd sebagai pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi dengan melihat proses pelaksanaan bimbingan belajar yang dilakukan terhadap hasil belajar matematika siswa. Adanya kegiatan bimbingan belajar ini untuk memberikan perubahan kepada siswa sehingga lebih giat dalam belajar dan lebih memahami pembelajaran yang dilakukan. Dalam bimbingan ini sesuai dengan kebutuhan siswa guna mencapai hasil belajar yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana bimbingan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan mengambil objek penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda. Dengan jumlah populasi sebanyak 116 dan sampel sebanyak 20 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, test dan dokumentasi. Hasil tersebut kemudian dianalisis, yakni peneliti melakukan observasi ke sekolah untuk melihat kegiatan bimbingan belajar yang dilakukan. Kemudian tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar matematika siswa. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mendukung dalam proses penelitian. Setelah itu peneliti menarik kesimpulan dari bimbingan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda. Hasil penelitian setelah menggunakan berbagai metode diatas, peneliti menggunakan uji test t sebagai hasil utama dari penelitian yang dilakukan. Kemudian data dianalisis dan akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat efektifitas bimbingan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda. Hasil perhitungan yang dilakukan pada taraf signifikasinya 5% menunjukkan bahwa thitung > ttabel, hasil yang diperoleh thitung (2,39) > ttabel (2,09). Dengan demikian hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Sehingga dari hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat efektifitas bimbingan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda.aen_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectEFEKTIFITAS BIMBINGAN BELAJARen_US
dc.titleEfektifitas Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record