View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Model Kurikulum Islam Terpadu Cordova Samarinda. Skripsi, Jurusan Pendidikan Madrasah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda

Thumbnail
View/Open
Nur Halisa Damayanti.docx (14.68Kb)
Date
2018-09-25
Author
Damayanti, Nur Halisa
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Nur Halisa Damayanti, 2018. “Model Kurikulum Islam Terpadu Cordova Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Madrasah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. Khairul Saleh, M.Ag sebagai pembimbing I dan Ibu Arsinah, S.Ag, M.SI sebagai pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui model kurikulum dan model pengembangan kurikulum di Sekolah Dasar Islam Terpadu Cordova Samarinda. Sedangkan tujuannya yaitu untuk mengetahui bagaimana model kurikulum dan model pengembangan kurikulum. Sekolah Dasar Islam Terpdau Cordova Samarinda yang memadukan bidang pelajaran umum dengan bidang pelajaran agama secara seimbang dan SDIT Cordova Samarinda menerapkan kurikulum berbasis Dinas Pendidikan yaitu kurikulum 2013 dan juga menggunakan kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu, Kurikulum lokal yaitu yang terkait dengan Tahfiz Qur’an dan anak-anak mengaji dan kurikulum karakter. Keterpaduan SDIT Cordova Samarinda sebagai penguat (tauhid) dari Islam yang utuh, menyelurh, intergral sebagai pendekatan penyelenggaraan dengan memadukan pendidikan umum dan pendidikam agama menjadi satu jalinan kurikulum. Fokus penelitian ini ditekankan pada model kurikulum Sekolah dan model pengembangan kurikulum. Oleh karena itu yang menjadi tujuan dari penelitian ini ini adalah untuk mengetahui bagaimana model kurikulum dan model pengembangan kurikulum yang digunakan di SDIT Cordova Samarinda. Sedangkan metode yang dipakai dalam penelitani ini adalah penelitian lapangan (field research). Jenis penelitian ini adalah kualitatif, yaitu penelitian yang bermaksud memahami fenomena tentang apa yang dialami subjek penelitian. Penlitian ini bersifat deskritif karena dilakukan untuk mengumpulkan informasi mengenai status gejala yang ada dengan menggunakan metode observasi, deskriptif adalah untuk menjadikan penulisan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta fakta yang ada. Adapun hasil penelitian adalah: Memperhatikan model struktur kurikulum di SDIT Cordova Samarinda maka dapat dipahami bahwa: Strukturnya kurang lebih sama dengan sekolah lain pada umumnya, yaitu: mata pelajaran, muatan local, pengembangan diri, kecakapan hidup, jadwal pelajaran (Lampiran). Keterpaduan terletak pada adanya pengembangan kompetensi lulusan (bidang Qur’an, bidang akademis, bidang karakter) yang diadopsi dari sekolah umum, agama dan muatan lokal. Hal ini terlihat pada struktur kurikulum SDIT yang memadukan beberapa mata pelajaran umum, agama dan muatan lokal. (Lihat pada tabel IV). Model pengembangan kurikulum di SDIT Cordova Samarinda adalah model pengembangan diri yang diwujudkan dalam bentuk keterpaduan pola asuh, keterpaduan materi, keterpaduan ranah, keterpaduan proses dan hidden curriculum.
URI
http://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/202
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah [234]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV