Show simple item record

dc.contributor.authorDamayanti, Nur Halisa
dc.date.accessioned2020-03-25T06:05:15Z
dc.date.available2020-03-25T06:05:15Z
dc.date.issued2018-09-25
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/202
dc.description.abstractABSTRAK Nur Halisa Damayanti, 2018. “Model Kurikulum Islam Terpadu Cordova Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Madrasah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. Khairul Saleh, M.Ag sebagai pembimbing I dan Ibu Arsinah, S.Ag, M.SI sebagai pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui model kurikulum dan model pengembangan kurikulum di Sekolah Dasar Islam Terpadu Cordova Samarinda. Sedangkan tujuannya yaitu untuk mengetahui bagaimana model kurikulum dan model pengembangan kurikulum. Sekolah Dasar Islam Terpdau Cordova Samarinda yang memadukan bidang pelajaran umum dengan bidang pelajaran agama secara seimbang dan SDIT Cordova Samarinda menerapkan kurikulum berbasis Dinas Pendidikan yaitu kurikulum 2013 dan juga menggunakan kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu, Kurikulum lokal yaitu yang terkait dengan Tahfiz Qur’an dan anak-anak mengaji dan kurikulum karakter. Keterpaduan SDIT Cordova Samarinda sebagai penguat (tauhid) dari Islam yang utuh, menyelurh, intergral sebagai pendekatan penyelenggaraan dengan memadukan pendidikan umum dan pendidikam agama menjadi satu jalinan kurikulum. Fokus penelitian ini ditekankan pada model kurikulum Sekolah dan model pengembangan kurikulum. Oleh karena itu yang menjadi tujuan dari penelitian ini ini adalah untuk mengetahui bagaimana model kurikulum dan model pengembangan kurikulum yang digunakan di SDIT Cordova Samarinda. Sedangkan metode yang dipakai dalam penelitani ini adalah penelitian lapangan (field research). Jenis penelitian ini adalah kualitatif, yaitu penelitian yang bermaksud memahami fenomena tentang apa yang dialami subjek penelitian. Penlitian ini bersifat deskritif karena dilakukan untuk mengumpulkan informasi mengenai status gejala yang ada dengan menggunakan metode observasi, deskriptif adalah untuk menjadikan penulisan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta fakta yang ada. Adapun hasil penelitian adalah: Memperhatikan model struktur kurikulum di SDIT Cordova Samarinda maka dapat dipahami bahwa: Strukturnya kurang lebih sama dengan sekolah lain pada umumnya, yaitu: mata pelajaran, muatan local, pengembangan diri, kecakapan hidup, jadwal pelajaran (Lampiran). Keterpaduan terletak pada adanya pengembangan kompetensi lulusan (bidang Qur’an, bidang akademis, bidang karakter) yang diadopsi dari sekolah umum, agama dan muatan lokal. Hal ini terlihat pada struktur kurikulum SDIT yang memadukan beberapa mata pelajaran umum, agama dan muatan lokal. (Lihat pada tabel IV). Model pengembangan kurikulum di SDIT Cordova Samarinda adalah model pengembangan diri yang diwujudkan dalam bentuk keterpaduan pola asuh, keterpaduan materi, keterpaduan ranah, keterpaduan proses dan hidden curriculum.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectMODEL KURIKULUM ISLAM TERPADUen_US
dc.titleModel Kurikulum Islam Terpadu Cordova Samarinda. Skripsi, Jurusan Pendidikan Madrasah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record