View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Manajemen Pendidikan Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Manajemen Pendidikan Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik bagi Guru di SMA Istiqamah Muhammadiyah Samarinda

Thumbnail
View/Open
Novita Indriani.docx (15.08Kb)
Date
2022-10-07
Author
Indriani, Novita
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Novita Indriani, “Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik bagi Guru di SMA Istiqamah Muhammadiyah Samarinda”. Skripsi. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh ibu Dra. Ananiah, M. M. M. Pd dan ibu Hajriana, M. Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keterampilan guru, khususnya guru PAI di SMA Istiqamah Muhammadiyah Samarinda dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Perencanaan untuk membuatan RPP ini merupakan bagian dari salah satu kompetensi guru yaitu kompetensi pedagogik. Kepala sekolah mempunyai tanggung jawab untuk memajukan lembaga yang dipimpinnya dengan melaksanakan fungsi manajemen yang ada sehingga dapat memajukan lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik. Dengan dimikian kepala sekolah perlu melaksanakan fungsi manajemen dengan baik sebagai upaya meningkatkan kompetensi pedagogic guru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam model interaktif Miles dan Hubberman adalah kondensasi data, penyajian data, verifikasi atau kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik bagi guru ialah dengan cara 1) planning, melakukan berbagai program pelatihan dan seminar khusus pembuatan RPP (in house training). 2) organizing, mengikut sertakan semua guru dalam strukur kepanitiaan dalam proses kegiatan pelatihan dan seminar. 3) actuating, mengikut sertakan semua guru termasuk guru PAI dalam program pelatihan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru. 4) controlling, melakukan pengevaluasian proses belajar mengajar setiap minggu dan setiap semester serta melakukan pengawasan-pengawasan saat proses pelaksanaan pembelajaran.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2204
Collections
  • E-Skripsi - Manajemen Pendidikan Islam [377]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV