Show simple item record

dc.contributor.authorIndriani, Novita
dc.date.accessioned2022-12-12T02:43:28Z
dc.date.available2022-12-12T02:43:28Z
dc.date.issued2022-10-07
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2204
dc.description.abstractABSTRAK Novita Indriani, “Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik bagi Guru di SMA Istiqamah Muhammadiyah Samarinda”. Skripsi. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh ibu Dra. Ananiah, M. M. M. Pd dan ibu Hajriana, M. Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keterampilan guru, khususnya guru PAI di SMA Istiqamah Muhammadiyah Samarinda dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Perencanaan untuk membuatan RPP ini merupakan bagian dari salah satu kompetensi guru yaitu kompetensi pedagogik. Kepala sekolah mempunyai tanggung jawab untuk memajukan lembaga yang dipimpinnya dengan melaksanakan fungsi manajemen yang ada sehingga dapat memajukan lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik. Dengan dimikian kepala sekolah perlu melaksanakan fungsi manajemen dengan baik sebagai upaya meningkatkan kompetensi pedagogic guru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam model interaktif Miles dan Hubberman adalah kondensasi data, penyajian data, verifikasi atau kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik bagi guru ialah dengan cara 1) planning, melakukan berbagai program pelatihan dan seminar khusus pembuatan RPP (in house training). 2) organizing, mengikut sertakan semua guru dalam strukur kepanitiaan dalam proses kegiatan pelatihan dan seminar. 3) actuating, mengikut sertakan semua guru termasuk guru PAI dalam program pelatihan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru. 4) controlling, melakukan pengevaluasian proses belajar mengajar setiap minggu dan setiap semester serta melakukan pengawasan-pengawasan saat proses pelaksanaan pembelajaran.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectManajemen, Kepala Sekolah, Pedagogiken_US
dc.titleManajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik bagi Guru di SMA Istiqamah Muhammadiyah Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record